Jakarta, TopBusiness – PT BPR Gerbang Serasan kali ini terpilih menjadi kandidat peraih Top Human Capital Awards 2024 dengan menyisihkan banyak perusahaan lain di Indonesia. Karena itu, PT BPR Gerbang Serasan, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan berhak mengikuti Presentasi Top Human Capital Awards 2024.
Dalam presentasi yang dilakukan secara daring (24/9/2024), Direktur Utama PT BPR Gerbang Serasan (Perseroda) Drs. Zaman Hury menyatakan jika PT BPR Gerbang Serasan mencatatkan kinerja yang positif baik dari sisi kesehatan bank maupun kinerja keuangan selama tahun 2023.
Perusahaan yang memiliki misi: Menjadikan PT. BPR Gerbang Serasan Kabupaten Muara Enim Sebagai Pilar Utama Pemenuhan Kebutuhan Layanan Keuangan Bagi Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Serta Masyarakat Umum Khususnya Dipedesaan serta Menjadikan PT. BPR Gerbang Serasan Kabupaten Muara Enim Sebagai Sumber Pendapatan Asli Daerah ini, berada dalam kondisi kondisi yang sangat sehat.
Perusahaan bahkan dicatat mampu menghadapi pengaruh negatif yang signifikan dari perubahan kondisi bisnis dan faktor eksternal lainnya tercermin dari peringkat faktor-faktor penilaian, antara lain profil risiko, penerapan tata kelola, rentabilitas, dan permodalan, yang secara umum sangat baik. Jika pun ada kelemahan baik dari sisi internal maupun eksternal, maka secara umum kelemahan tersebut tidak signifikan.
Pada sisi kinerja keuangan, PT BPR Gerbang Serasan mencatatkan peningkatan laba secara tahunan atau year on year (yoy). Bila tahun 2021 laba sebesar Rp. 1.467.823.000, tahun 2022 meningkat menjadi Rp. 2.690.545.000. Atau meningkat sebesar 83%. Sementara itu pada tahun 2023 menjadi Rp. 3.834.147.000 atau meningkat sebesar 42 % dibanding tahun 2022. Selain itu juga berhasil menurunkan NPL dari 3.03% menjadi 2.38%.
Menurut Zaman Hury kembali, semua capaian tersebut tidak lepas dari keberhasilan perusahaan dalam melaksanakan Inovasi, Strategi Bisnis, serta HC Inisiatif.
“Keberhasilan perusahaan dalam melaksanakan Inovasi, Strategi Bisnis, serta HC Inisiatif menjadi kunci peningkatan kinerja perusahaan. Berkat Inovasi, Strategi Bisnis, serta HC Inisiatif yang dilaksanakan, kinerja positif baik dari sisi kesehatan bank maupun kinerja keuangan, dapat diraih,” kata Zaman Hury.
Menurut Zaman Hury kembali, Inovasi yang telah dilaksanakan perusahaan misalnya adalah dihadirkannya produk Tabungan Arisan Masyarakat Muara Enim (TAMASYA) yaitu TAMASYA atau Tabungan Arisan Masyarakat. Produk ini adalah produk tabungan bersama yang bertujuan untuk menghimpun dana masyarakat yang dikemas dalam bentuk arisan dengan nominal dan hadiah yang telah ditentukan.
Sementara itu, Strategi Bisnis yang telah dijalankan perusahaan ada 5. Pertama. Selalu berpegang teguh kepada nasabah dengan memberi pelayanan dengan cepat dan tepat kepada seluruh relasi (Customer Oriented). Kedua. Bekerja dengan integritas tinggi (Integrity), konsisten dengan nilai disiplin, jujur dan bertindak dengan sesuai dengan etika perusahaan dan bisnis. Ketiga. Membangun serta menjaga hubungan bisnis yang sehat, berkelanjutan dan sama-sama menguntungkan (Network).
Keempat. Menjaga dan meningkatkan Kerja Tim (Team Work) yang solid dalam organisasi dan hubungan kekeluargaan serta mengutamakan peningkatan kualitas SDM. Terakhir, memiliki sikap tanggung jawab atas semua tindakan dalam upaya pencapaian tujuan jangka pendek maupun jangka panjang (Accountability).
Adapun HC Inisiatif yang dijalankan perusahaan adalah sebagai berikut. Pertama, peningkatan kapasitas Human Capital untuk layanan Nasabah. Kedua, melakukan pelatihan setiap bidang. Ketiga, melakukan sertifikasi kompetensi setiap pegawai sesuai dengan bidangnya masing-masing. Keempat, menciptakan budaya kerja yang adaptif sesuai dengan kebutuhan.
Editor: Busthomi