Jakarta, TopBusiness – Grup Warna Modern Indonesia (WMI) terus melakukan ekspansi dengan membuka gera ritel baru sepanjang 2024 ini. DI pengujung tahun ini, WMI menargetkan pembukaan 27 gerai baru melalui pendekatan kemitraan sebagai growth accelerator bekerja sama dengan sejumlah merek ritel lokal.
Bulan Juli 2024 lalu, WMI mengoperasikan gerai toko kemitraan strategis bersama Torch di Lampung dan Muda di Surabaya. Kemudian di bulan Agustus, WMI membuka toko lainnya di Cibinong City Mall dan Pakuwon Bekasi, bersama dengan Nada Puspita.
Di Summarecon Mall Bekasi, WMI membuka toko baru bekerja sama dengan Heylocal, dan di Pakuwon Bekasi bekerja sama dengan Cotton ink dan beberapa mereka lokal kenamaan lainnya.
CEO WMI, Bima Lega menilai, gerai ritel offline masih menjadi salah satu strategi ekspansi yang penting bagi pertumbuhan brand – brand lokal karena masih tingginya minat konsumen Indonesia terhadap pusat perbelanjaan sebagai salah satu sarana hiburan.
Di sisi lain, pembukaan gerai ritel offline menjadi salah satu tantangan tersendiri dikarenakan besarnya kapital dan sumber daya yang dibutuhkan. Karena itu, pihaknya berkomitmen akan terus memberikan dukungan pendanaan untuk membuat brand – brand lokal dapat tumbuh kompetitif.
Bima Lega mengatakan, di penghujung 2024 dan di tahun depan WMI menargetkan akan lebih aktif berekspansi di kota – kota di luar Jabodetabek dan menargetkan kota – kota lainnya di Kalimantan dan Aceh.
Hal ini didasari keinginan untuk membuat sejumlah merk peritel pemain lokal lebih dikenal di seluruh penjuru tanah air.
“Kami akan terus berekspansi dan membawa brand – brand lokal ke daerah – daerah potensial di seluruh Indonesia. Sejauh ini, kami sangat senang dengan pertumbuhan bisnis yang positif, seperti di tahun ini saja kami sudah menambah 12 toko yang sebelumnya dari jumlah 15 toko di tahun lalu,” kata dia dikutip dari keterangan pers, Selasa (5/10/2024).
Dia menjelaskan, kolaborasi bersama brand lokal juga terus membangun spirit kami untuk terus memberikan layanan berbelanja yang terbaik dan cocok bagi masyarakat Indonesia dengan berbagai latar belakang.”
Jika sebelumnya jaringan outlet WMI didominasi oleh brand fashion, tahun ini mereka juga berekspansi dengan bekerjasama di area FnB bersama Hakuna Matata Restaurant.
“Kami tidak menutup kemungkinan untuk terus menambahkan portofolio lifestyle. Pada prinsipnya, kami ingin menjadi partner bagi brand lokal untuk terus tumbuh pesat. Kami juga mulai menargetkan untuk merambah di restaurant dan lifestyle brand lainnya.” Tutup Bima.
Hingga saat ini, WMI telah menjalin kerja sama dengan KAMI, RiaMiranda, Merche, Nada Puspita, Cottonink, Brodo, Heylocal, Torch, Nadjani, HIJUP dan Hakuna Matata.