Jakarta, TopBusiness – Kinerja bisnis dan capaian Perumda Air Minum Sendang Kamulyan Kabupaten Batang, Jawa Tengah ini sangatlah apik. Itu terlihat dengan kinerja tahun 2024, melampaui target 59.000 SR dan tercapai 60.000 SR.
Dalam konteks itu, di wilayah penyanggah Kawasan industry Batang (KITB) dan Batang Industri Park (KIP), dengan angka 1.000 SR belum termasuk. Pada gilirannya 2 kawasan industri yang akan menjadi prospek bisnis dan berpotensi menjadi sasaran pelanggan bagi Perumda Air Minum Sendang Kamulyan.
Ditegaskan Direktur Utama Perumda Air Minum Sendang Kamulyan, Yulianto SH, kinerja bisnis pihaknya sangatlah kinclong. “Kami juga memiliki potensi pasar sangat besar dengan keberadaan 2 kawasan industri yaitu KITB dan KIP,” tegasnya pada Dewan Juri TOP BUMD Awards 2025, pada Kamis (30/1/2025) secara online.
Dikatakan, pihaknya terus pacu pertumbuhan agar perusahan memberikan capaian laba yang sangat baik. “Kami juga meningkatkan kualitas Human Capital (HC) mulai dari karyawan, direksi dan komisaris dengan mengikuti berbagai pelatihan. Selain, sertifikasi kompetensi di seluruh lini, dan terus kelola perusahaan dengan Good Corporate Governance (GCG), agar bisa berstandar global,” kata Yulianto.
Menurut Yulianto, tahun 2025 ini perusahaan akan meningkatkan pelayanan prima bagi seluruh masyarakat dengan kapasitas air 153 L/detik. Dan peningkatan layanan ini, Perumda ini dapat meningkatkan penyetoran labanya kepada Pemerintahan Kabupaten Batang sebesar Rp 3,7 miliar dan pada tahun sebelumnya di tahun 2023 setoran PAD nya sebesar Rp 3 miliar.
“Untuk mencapai target di tahun 2025, maka telah dilakukan perubahan Standar Operasional Prosedur (SOP). Tahun 2025, ada 149 SOP dimana pada tahun 2024 hanya 130 SOP,” ujar dia.
Dalam rangka meningkatkan kinerja, serta capaian bisnis di Perumda Air Minum Sendang Kamulyan tidak lepas dengan penerapan digitalisasi di seluruh opreasionalnya. Seperti aplikasi BANYU dan SISMULYAN.
Lantas apa keunggulan aplikasi tersebut? SISMULYAN, Sistem Informasi Sendang Kamulyan, merupakan sistem informasi yang dapat digunakan untuk kegiatan operasional internal maupun eksternal, baik untuk teknis dan non teknis dan administrasi perusahaan dalam penyiapan, pelaksanaan, pengendalian yang dilakukan secara reil team dan berbasis elektronik.
Sementara Aplikasi BANYU, ini menyangkut tagihan, ganguan pelangan, dan terkait seluruh pelayanan pelanggan sudah bisa terlayani.