Jakarta, TopBusiness—PT Bank Mandiri, Tbk., mengimplementasikan program CSR yang mendukung strategi bisnis berkelanjutan. “Jadi, bagi kami, strategi pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, dapat didukung melalui pengelolaan tanggung jawab sosial,” kata Vice President CSR Bank Mandiri, Dadang Suryadi (20/2/2025).
Dalam presentasi untuk Dewan Juri Top CSR Awards 2025, Dadang mencontohkan CSR yang menyokong strategi pertumbuhan bisnis berkelanjutan itu.
Pertama, Wirausaha Muda Mandiri (WMM). Ini merupakan program utama CSR Bank Mandiri yang telah dilaksanakan sejak tahun 2007. Tujuannya membantu pemerintah dalam menumbuhkembangkan kewirausahaan di Indonesia, khususnya di kalangan generasi muda.
Kedua, Rumah BUMN (RB). Program ini merupakan wujud pengayaan dari program Rumah Kreatif BUMN (RKB), dan tujuan utamanya
Meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM.
Ketiga, Urban Festival. Ini adalah program akselerasi pertumbuhan bisnis UMKM dengan mengutamakan aspek sustainability melalui program pelatihan dan inkubasi untuk binaan rumah BUMN yang telah terkurasi.
Yang keempat, Urban Livin: gerakan untuk mengajak masyarakat perkotaan untuk hidup lebih baik, lebih ramah lingkungan dan lebih peduli terhadap sesama. “Sasaran program ini di kawasan sub-urban agar menjadi masyarakat yang lebih sejahtera melalui pilar lingkungan, pilar pendidikan, pilar ekonomi,” Dadang menjelaskan.
Contoh berikutnya yakni Program Mandiri Sahabat Desa. Tujuannya memberdayakan masyarakat di Indonesia, terutama dalam bidang ekonomi, keuangan, dan keterampilan.
“Bank Mandiri pun menyadari bahwa program CSR dan TJSL tak hanya bermanfaat bagi masyarakat. Namun juga berdampak positif ke bisnis kami,” ucap Dadang.