Home Ekonomi Business Info Asian Games 2018 Dorong Bisnis Ritel

Asian Games 2018 Dorong Bisnis Ritel


Jakarta, BusinessNews Indonesia –  Pertumbuhan sektor ritel pada semester kedua ini diprediksi bakal meningkat dibanding dengan semester pertama. Faktor pendorongnya yakni adanya Asian Games.

Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Belanja Indonesia (Hippindo) Budiharjo Iduansjah menjelaskan, pertumbuhan industri ritel pada semester pertama tahun ini mencapai 15 persen dengan stimulan utamanya adalah tunjangan hari raya (THR).

Budi menjelaskan, puncak pertumbuhan pertumbuhan ritel akan terjadi pada kuartal III, yakni dari Juli hingga September. Meski tidak akan jauh dari angka 15 persen, pertumbuhan ini tetap berdampak positif terhadap perkembangan ritel. “Penyebabnya adalah Asian Games di Jakarta dan Palembang,” ujarnya.

Apabila mencapai angka 15 persen, pertumbuhan ritel di kuartal III tahun ini berarti mengalami peningkatan signifkan dibanding tahun lalu. Pada 2017, pertumbuhan sektor ritel hanya berada di rentang empat sampai lima persen. Dengan adanya Asian Games yang dapat mendongkrak tingkat konsumsi, pertumbuhan dapat bertambah hingga lima kali lipat.

Keyakinan ini semakin dirasakan Budi mengingat perkembangan kuartal II/2018 yang signifikan dibanding tahun lalu. Sepanjang bulan Ramadhan hingga Lebaran tahun ini, pertumbuhan menyentuh angka 15 hingga 18 persen. Sedangkan, di waktu yang sama pada tahun lalu, hanya berada di kisaran lima persen saja.

Namun, Budi mengakui, pertumbuhan ritel pada tahun ini sulit dirasakan begitu memasuki kuartal IV atau bulan Oktober. “Diperkirakan akan menurun lagi karena nggak ada event atau momentum. Bulan ke-11 dan 12 baru naik lagi karena ada Natal, tahun baru dan liburan sekolah, meski tidak signifikan,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here