Home Ekonomi CSR Achmad Daniri: CSR Sebaiknya Dilakukan dengan Pendekatan CSV

Achmad Daniri: CSR Sebaiknya Dilakukan dengan Pendekatan CSV

Jakarta, TopBusiness – Ketua Dewan Juri Top CSR 2018 yang juga ketua KNKG, Mas Achmad Daniri, menjelaskan bahwa untuk membantu penyelesaian masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan hidup di masyarakat, maka sebaiknya pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dilakukan dengan menggunakan pendekatan CSV (Creating Shared Value).

Dengan CSV maka CSR perusahaan harus mengedepankan upaya “Berbagi Manfaat” antara perusahaan dengan stakeholders-nya.

Program CSR tidak hanya dilakukan dalam bentuk memberi bantuan ketika ada permasalahan sosial, namun kehadiran CSR perusahaan lebih berperan sebagai solusi atas permasalahan sosial tersebut.

“Jadi, perusahaan menjadi solusi atas penyelesaian masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan hidup, melalui pendekatan bisnis, bukan sekedar memberikan bantuan sosial atau sumbangan,” kata Mas Achmad Daniri dalam jumpa pers pelaksanaan Top CSR 2018 di Grand Ballroom Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (4/10/2018).

Oleh karenanya, strategi bisnis perusahaan harus jelas dan clear, kemudian program-program CSR perusahaan, diintegrasikan dengan strategi bisnis perusahaan untuk membantu penyelesaian masalah-masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan hidup.

Dalam kesempatan yang sama, M. Lutfi Handayani – Ketua Penyelenggara TOP CSR 2018 yang sekaligus Pemimpin Redaksi majalah TOP Business menegaskan bahwa penghargaan TOP CSR ini merupakan pemberian penghargaan CSR tertinggi dan paling komprehensif di Indonesia.

Penghargaan TOP CSR ini yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang dinilai berhasil dalam menjalankan program CSR yang berbasis ISO 26000 SR, keselarasan program CSR dengan strategi bisnis perusahaan, serta pendekatan CSV yang dilakukan.

Dalam kegiatan TOP CSR 2018 ini, juga diberikan penghargaan khusus terkait program CSR yang terkait dan mendukung program Nawacita, SDGs, dan Program sosial dari berbagai kementerian dan instansi pemerintahan.

Dari150 perusahaan peserta, sebanyak 72 perusahaan yang ditetapkan menjadi pemenang TOP CSR 2018 di berbagai kategori sektor usaha.

Kegiatan Top CSR 2018 diselenggarakan Majalah Top Business bekerja sama dengan sejumlah lembaga kredibel seperti Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG), Masyarakat CSR Indonesia, SGL Management, Asia Business Research Center, Mitra Bhadra Consulting, Yayasan PAKEM dan PPM Manajemen.

Selain itu, ada pula lembaga Alvara, Indonesia CSR Society, Dwika Consulting, Sinergi Daya Prima, dan Solusi Kinerja Bisnis. Kegiatan ini diikuti oleh 150 perusahaan terkemuka dari berbagai sektor industri dan 450 audiens dari kalangan direksi, komisaris, dan staf CSR.

Penulis: nurdian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here