Home Ekonomi Business Info Ramayana Optimistis Penjualan 2019 Capai Rp 8,85 T

Ramayana Optimistis Penjualan 2019 Capai Rp 8,85 T

Foto: istimewa

Jakarta, TopBusiness – Di tengah kondisi pasar ritel yang masih tertekan, PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) masih membukan kinerja bagus di enam bulan pertama tahun ini. Untuk itu, pihak Ramayan optimistis target penjualan 2019 bisa dikantongi.

Hingga akhir Semester I-2019, nilai penjualan perseroan telah mencapai Rp5,27 triliun. Sehingga target penjualan sepanjang tahun ini sebesar Rp8,85 triliun sangat mungkin tercapai.

“Selama semester I 2019, Ramayana mencatatkan penjualan sebesar Rp5,27 triliun yang mencerminkan pencapaian sebesar 59,5 persen,” tutur Sekretaris Perusahaan RALS, Setyadi Surya di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta seperti dikutip, Rabu (21/8/2019).

Dia menyebutkan, target perolehan penjualan di sepanjang 2019 tersebut akan mendorong tingkat margin kotor RALS di tahun ini menjadi 29,8 persen.

“Karena neraca perseroan pada enam bulan pertama di 2019 itu tetap likuid dan bebas utang. Per akhir Juni 2019, rasio lancar kami adalah 2,5 kali, itu lebih tinggi dibanding periode yang sama di 2018 sebesar 2,2 kali,” paparnya.

Pada Semester II-2019 ini, lanjut Setyadi, RALS akan melanjutkan program transformasi toko dengan penggunaan space secara lebih efektif dan efisien untuk meningkatkan produktivitas per meter persegi.

“Makanya kami akan terus menambah gerai dengan konsep Life Style Mall, serta bekerja sama dengan Cinema XXI, speciality store dan tenan-tenan F&B,” kata Seryadi.

Untuk itu, kata dia, pada paruh kedua tahun ini RALS akan menambah lima gerai berkonsep Life Style Mall dari jumlah saat ini sebanyak enam toko. Adapun nilai investasi per toko sekitar Rp25 miliar-30 miliar. “Tahun ini kami menganggarkan capex (belanja modal) sebesar Rp350 miliar,” ujar dia.

Lebih lanjut Setyadi mengungkapkan, untuk memperkuat tenan di Ramayana, perseroan telah mengundang sejumlah brand yang dipegang PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI).

“Jadi, kami mengundang (MAPI) dengan memberi space ke mereka. Dan, tidak ada rencana kerja sama dengan Matahari seperti yang telah banyak disebutkan,” jelas dia.

Penulis: Tomy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here