Jakarta, TopBusiness – Sebagai perusahaan panas bumi terkemuka, Star Energy Geothermal (Wayang Windu) Ltd berkomitmen kuat meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar dengan bermacam program CSR, yaitu; Bidang Pendidikan, Bidang Lingkungan dan Kesehatan dan Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pedesaan.
Hal itu disampaikan Ismail Hidayat selaku Field Manager Star Energy Geothermal (Wayang Windu) Limited saat sesi penjurian TOP CSR Awards 2020, Senin (10/02).
“Kami sangat tertarik untuk tumbuh dan bergerak maju tidak hanya di bidang operasional tetapi juga dalam aspek tanggung jawab sosial perusahaan,” ujar Ismail Hidayat.
Dalam pengembangan ekonomi, Star Energy mendukung pelatihan dan mendidik para petani untuk menerapkan sistem kualitas kopi di komunitas-komunitas petani kopi. Metode ini berasal dari kecamatan Pangalengan dan ditujukan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari budidaya kopi.
“Kami mendukung petani kopi arabika lokal untuk mengembangkan sumber pendapatan baru, meningkatkan pendapatan dan mata pencaharian mereka. Dengan membesarkan kelas premium untuk dijual dan dapat memperoleh akses ke aliran pendapatan tambahan serta meningkatkan kemandirian finansial mereka. Kami juga mendukung pelatihan petani tentang pemrosesan kopi dan memperluas program Ekowisata untuk menghasilkan pendapatan alternative,” kata Ismail.
Dibidang pendidikan, Star Energy membantu anak-anak dan keluarga miskin keluar dari siklus kemiskinan melalui berbagai program pendidikan dan mata pencaharian. Bekerja sama dengan Yayasan Bakti Barito dan Yayasan Surya Institute, Star Energy mendukung pemerintah meningkatkan kualitas dan akses pendidikan dengan menyediakan pelatihan Ilmu Pengetahuan dan Matematika kepada 40 guru dari 20 sekolah menengah di Kabupaten Bogor dan Garut.
Mengenai isu lingkungan, Star Energy sangat konsen akan perlindungan air dan lingkungan. Bekerja sama dengan Yayasan KEHATI, BBKSDA Jabar, Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan LSM lokal, Star Energy Geothermal membantu restorasi hutan sebesar 50 Ha.
Penulis: Mi’roji
Fotografer: Rendy MR/TopBusiness