Jakarta,TopBusiness—Belanja iklan tahun 2019 bertumbuh 10% dibandingkan dengan 2018. Total belanja iklan tahun lalu baik di media televisi, radio maupun cetak mencapai Rp168 triliun berdasarkan gross rate card.
Demikian menurut hasil temuan Nielsen Advertising Intelligence (Ad Intel) yang dirilis Nielsen Media Indonesia.
Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima semalam. Oleh Majalah TopBusiness. Dapat dijelaskan bahwa survei itu memaparkan jika televisi masih mendominasi 85 persen porsi belanja iklan dengan angka lebih dari Rp 143 triliun, tumbuh 14 persen dibandingkan 2018. Sementara itu belanja iklan media cetak mencapai lebih dari Rp22 triliun dan total belanja iklan radio mencapai Rp1,7 triliun.
Sepanjang tahun 2019, kategori layanan online menjadi penyumbang belanja iklan terbesar dengan total belanja iklan Rp10,3 triliun dan tumbuh 2 persen. Kategori perawatan rambut berada di urutan kedua dan tumbuh 17 persen dengan total belanja iklan mencapai Rp9,2 triliun.
Pengiklan terbesar ketiga, masih menurut keterangan tertulis itu, adalah kategori pemerintahan dan organisasi politik dengan belanja iklan sebesar Rp8,8 triliun.
Sumber Ilustrasi: Istimewa