Jakarta, TopBusiness – Guna membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi Covid-19, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan PT Biztrips Teknologi Multimedia Solusi akan menyelenggarakan kegiatan Indonesia Corporate Travel and MICE (ICTM).
Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menggerakkan kembali perekonomian dengan memanfaatkan kegiatan Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE) domestik yang telah mulai aktif kembali.
Rizki Handayani, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events) Kemenparekraf menyebutkan, pelaksanaan ICTM tahun ini diharapkan dapat menjadi salah satu motivasi positif kepada Industri MICE di Indonesia untuk tetap optimis dan terus produktif di masa yang tidak menentu saat ini.
Tal hanya itu, kata dia, ajang ini juga diharapkan dapat menjadi kegiatan untuk membangun kapasitas dan kapabilitas stakeholders MICE yang terlibat dengan saling berdiskusi dan meningkatkan networking untuk mendapatkan new insights.
“Sehingga dapat saling berkolaborasi dan menjadikan sektor MICE kembali bangkit dan menjadikan Indonesia sebagai destinasi MICE yang aman, nyaman dan memiliki value proposition yang dapat memenangkan persaingan di dunia internasional,” tutur dia saat konferensi pers di Hotel Hyatt, Jakarta, Selasa (1/9/2020).
Untuk diketahui, ICTM merupakan kegiatan business to business untuk corporate travel dan Industri MICE di masa tatanan kenormalan baru (new normal). Dan untuk tahun ini, ditargetkan dapat diselenggarakan di 5 kota, yaitu Jakarta, Bogor (Jawa Barat), Bali, Yogyakarta, dan Malang (Jawa Timur). Rencananya, acara akan dimulai pertengahan September sampai dengan akhir Desember 2020.
ICTM sendiri akan menampilkan lima program utama antara lain talkshow, seller workshop, buyers meet sellers, buyers exchange forum, gala dinner serta post tour. Pada pelaksanaan tahun ini, fokus utama ICTM akan lebih kepada program business to business yang bakal mempertemukan 30 buyers yang merupakan korporat besar di Indonesia dengan 30 sellers yang merupakan penyedia jasa MICE di Indonesia.
“Besar harapan kami agar ICTM ini dapat menjadi platform yang baik bagi semua key stakeholders untuk saling terhubung, saling berbagi, saling belajar, dan saling mendukung pertumbuhan bisnis, serta bersama-sama mengakselerasi kembalinya pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata Indonesia,” harap dia.
Nantinya, kegiatan ini akan menggandeng MNC Media sebagai media partner yang bertanggung jawab dalam melakukan peliputan, produksi dan publikasi sebelum, selama, dan sesudah pelaksanaan kegiatan ICTM berlangsung.
“Dan dukungan serta kerja sama dari pihak Kemenparekraf-MNC Media selaku official media partner di Indonesia sangatlah penting dan berarti untuk platform dan program kami, juga bagi seluruh rekan-rekan kami di industri,” imbuh Johanes Chang, Founder & Event Director, Indonesia Corporate Travel and MICE.
Foto: Istimewa