Perkuat Pengelolaan Kendaraan di Pelabuhan, IPCC Gandeng Pelindo I

Penulis Busthomi

Jakarta, TopBusiness – Sebagai perwujudan dari core values perusahaan, AKHLAK, yaitu Kolaboratif, PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) mengadakan penandatangan MoU dengan PT Pelabuhan Indonesia I (Persero). MoU digelar di Kantor Perwakilan PT Pelabuhan Indonesia I (Persero), Menara Ravindo, Jakarta Pusat.

Penandatanganan MoU tersebut dimaksudkan untuk melakukan kerja sama pengelolaan terminal kendaraan di Pelabuhan, baik di area Pelindo I (Persero) maupun wilayah yang saat ini telah dioperasikan oleh IPCC.

Sejumlah hal disampaikan dalam MoU tersebut, antara lain, membentuk tim kerja secara bersama-sama dalam rangka mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk pelaksanaan Kolaborasi oleh para pihak atau Anak Perusahaan/Perusahaan Afiliasi yang ditunjuk para pihak.

Kemudian, membuat dan melakukan kajian-kajian studi kelayakan secara komprehensif, meliputi aspek bisnis, hukum, risiko, teknis dan/atau aspek lainnya (“Kajian Kelayakan”) untuk menentukan pola tindak lanjut kolaborasi yang optimal dan layak (feasible); adanya kesepakatan untuk mendalami beberapa model kerjasama di antaranya: model KSO (Kerjasama Operasi) maupun model kerjasama Lainnya.

Juga, melakukan tindakan-tindakan persiapan mengumpulkan dan mengolah data-data dan informasi aspek legal, teknis dan lainnya yang dibutuhkan dalam pelaksanaan rencana kerja sama oleh para pihak; hingga mengidentifikasi peluang-peluang kerja sama lainnya sesuai kompetensi masing-masing pihak dengan prinsip saling menguntungkan; dan hal-hal strategis dan teknis lainnya.

Rio T. N Lasse, Direktur Operasi dan Teknik IPCC yang hadir dalam kesempatan tersebut menuturkan, adanya kerja sama yang bersifat kolaborasi di zaman saat ini sangatlah diperlukan untuk dapat lebih berkembang demi menghadapi tantangan di masa mendatang.

“Sekarang ini bukanlah era di mana perusahaan bisa men-declare mampu berdiri sendiri namun, juga harus lebih adaptif, agile, dan terus berinovasi melalui kolaborasi dengan berbagai pihak. Adanya kerjasama dengan Pelindo I (Persero) ini diharapkan dapat tercipta kerjasama yang saling menguntungkan dengan prinsip mutual benefit, trust, dan growth together,” tutur dia di Jakarta, Jumat (13/11/2020).

Direktur Utama Pelindo I, Dani Rusli yang juga pernah menjabat sebagai Direktur Teknik Pelindo II (Persero) menambahkabn, tujuan diadakannya penandatanganan ini nantinya dapat meningkatkan pengembangan bisnis dari masing-masing pihak yang berujung pada peningkatan revenue enhancement, cost effectiveness, dan operational excellent.

IPCC sendiri dilihat memiliki potensi pengembangan di pelabuhan satelit dimana dapat dilakukan dengan berbagai skema yang lebih cepat, murah, dan transparan untuk pelanggan. “Harapannya standardisasi pelayanan dapat disamakan sehingga PT IKT Tbk bisa mengalami peningkatan pertumbuhan,” ujar Dani.

Ke depannya, lanjut dia, peluangnya tidak hanya ini bahkan akan terus di kembangkan dengan mereview model bisnis, sehingga PT IKT Tbk akan bisa mempercepat pelayanan dan memberikan pelayanan yang akan jauh lebih baik. “PT IKT Tbk juga harus mampu bersaing dengan adanya pesaing Patimban,” kata dia mengingatkan.

Foto: Istimewa

BACA JUGA

Tinggalkan komentar