Jakarta, TopBusiness – PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia (JPPI) merupakan perusahaan dengan konsentrasi bisnis pada jasa peralatan pelabuhan di Indonesia. Sebagai perusahaan yang memberikan servis kepelabuhan, JPPI menerapkan one stop service dan memberikan kemudahan bagi seluruh pemangku kepentingan di pelabuhan yang dilayani.
JPPI merupakan perusahaan yang terafiliasi dengan PT Pelindo II (Persero). Seperti induk perusahaannya, JPPI memiliki target untuk menjadi perusahaan dengan pelayanan berkelas dunia. Kinerja pelayanan di kepelabuhan terus diperbaiki dengan target akhirnya adalah pelayanan ekspor dan impor Indonesia semakin cepat, mudah, dan murah. Sebab, pelabuhan merupakan pintu masuk bagi produk Indonesia menuju pasar global.
Selama ini, JPPI memiliki tata kelola perusahaan (GCG) yang cukup baik. Tahun 2017, skor GCG perusahaan berada di angka 80.889 dengan peringakat baik, 2018 dengan skor 93.067 atau sangat baik dan tahun 2019 dengan skor 85.741 dengan peringkat baik.
Program CSR yang dilakukan JPPI juga selaras dengan strategi bisnis perusahaan. Salah satunya adalah memberikan pendidikan kemaritiman sejak dini bagi anak-anak mulai dari tingkat PAUD dan SD. Mereka diberikan pengalaman serta edukasi tentang kemaritiman bagi masyarakat di lingkar operasioanal perusahaan.
“Anak didik tersebut dibawa Fielp Triep ke Musem Bahari untuk diberikan pemahaman dalam kemaritiman. Indonesia adalah negara yang memiliki lautan sangat luas dibandingakan dengan daratan, maka anak-anak tersebut sejak dini sudah memilikii pemahaman tentang masyarakat maritim,” kata Direktur Utama JPPI Bunyamin Syukur dalam penjurian TOP CSR Awards 2021 yang dilakukan secara online, kemarin.
JPPI juga sangat peduli dan konsen terhadap perbaikan rumah ibadah serta lembaga pendidikan formal maupun pesantren yang tersebar di lingkungan operasionalnya. Sebab itu, perseroan memiliki program CSR berupa bantuan renovasi rumah ibadan dan pesantren. “Ini bertujuan agar peningkatan kualitas keimanan masyarakat serta kemampuan intelektual juga semakain baik pula,” ujar Bunyamin.
Selain itu, JPPI memberikan bantuan kepada anak yatim di lingkar perusahaan. Bantuan diberikan dalam bentuk santunan pendidikan dan bantuan lainnya.
Pada masa pandemi covid-19 ini, JPPI juga sangat peduli terhadap lingkungan sekitar yang terdampak secara ekonomi. Ada beberapa jenis bantuan yang diberikan antara lain sembako, alat kesehatan di 10 lokasi pelabuhan operasional JPPI.
Menurut Bunyamin, JPPI turut tumbuh dan berkembang bersama masyarakat di sekitar perusahaan beroperasi yang tersebar di 10 lokasi pelabuhan di selutruh Indonesia. Dalam pengembangan masyarakat ini, pihaknya melakukan program CSR secara terukur, terarah, dan tepat sasaran.
“Program CSR kami sudah masuk dalam RPJM perusahan dengan keputusan RUPS. Program CSR kami selalu di evalusi setiap tahunnya, kami ingin memberikan pemberdaayaan kepada masyarakat agar masyarakat bisa mandiri, dan pada masa pandemi ini pun Tunjagan Hari Raya para direksi tahun 2019 ini disumbangan seratus persen untuk bantuan Covid-19 ,” tegas Bunyamin.