Jakarta, TopBusiness – Tidak hanya fokus menjalankan bisnis, PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk atau yang lebih akrab disebut WOM Finance juga giat melakukan CSR. Mengusung tema besar Sinergy, Better, Stronger, WOM Finance bertekad untuk bisa lebih kuat menghadapi pandemi Covid-19 dan keluar dari segala tantangan yang ada.
“Di tahun 2021 ini yang menjadi tema besar kami WOM Finance, yaitu Sinergy Better Stronger. Tahun lalu (2020) kita mempunyai tema besar ‘People at the core’, karena kita mau fokus dengan human resources, fokus kepada human capital. Kita sudah laksanakan itu. Kita mau next step-nya kita harus bersinergi, yang (membuat) kita bisa lebih baik, karena kita percaya dengan kita lebih baik, kita lebih kuat untuk menghadapi pandemi Covid-19 ini, dan kita bisa keluar dari segala tantangan yang ada,” ujar Zacharia Susantadiredja, Direktur Keuangan WOM Finance, pada sesi penjurian Top CSR Awards 2021 yang diadakan Majalah Top Business secara virtual pada Kamis (4/3/2021).
Pada sesi penjurian yang dimoderatori oleh Dwinda Ruslan dari Yayasan Pakem ini, Zacharia mengungkap visi perusahaan, yakni menjadi perusahaan pembiayaan terbaik di Indonesia dengan menerapkan tata kelola perusahaan yang baik.
“Misi kami ada empat fokus, yaitu pada konsumen, yang kedua kita akan bangun terus infrastruktur berbasis Teknolog Informasi, dan yang ketiga kita ingin fokus dengan jaringan usaha kita, yang keempat kita mau mengoptimalkan kinerja perusahaan,” ungkap Zacharia.
Senada dengan itu, dalam hal CSR, WOM Finance juga memiliki empat pilar, yakni pendidikan, kesehatan, pemberdayaan masyarakat, serta sosial dan lingkungan. “Empat pilar ini kita sudah atur dalam kebijakan-kebijakan yang ada, yaitu dengan Kebijakan Mekanisme Dana Ta’zir karena kami juga ada penyaluran pembiayaan menggunakan dana syariah. Yang kedua Kebijakan Bantuan Sosial Perusahaan, dan Kebijakan Pelaksanaan Kegiatan CSR di Kantor Pusat dan Kantor Jaringan,” kata Zacharia.
Lebih lanjut Zacharia mengatakan untuk tata kelola CSR, secara garis besar perusahaan menerapkan empat langkah yang selalu dilakukan, pertama perencanaan, kedua pelaksanaan, ketiga melakukan pengawasan (monitoring), dan yang terakhir melakukan pelaporan dan evaluasi.
Dalam hal penyaluran CSR, WOM Finance memiliki fokus pada tiga target, yakni untuk masyarakat, karyawan, dan untuk konsumen. Penetapan tiga target penyaluran CSR itu disebut Zacharia sesuai dengan komitmen perusahaan. Misalnya, di masyarakat sekitar kantor cabang, kantor regional, maupun kantor pusat, sebelum melakukan penyaluran CSR, WOM Finance melakukan identifikasi terlebih darulu apa yang menjadi keperluan dari masyarakat sekitar. Begitupun penyaluran CSR untuk karyawan dan konsumen, yang secara khusus dilakukan sebagai bagian dari komitmen dan kredibilitas perusahaan.
”Kami rasa konsumen itu bagian dari kredibilitas kita sebagai perusahaan, karena kita juga mau melayani konsumen sesuai dengan misi yang pertama, yaitu kami mengutamakan kepuasan konsumen,” jelasnya.
Aktivitas CSR
Lebih rinci mengenai CSR perusahaan, dalam paparannya, Zacharia mengungkap sejumlah aktivitas yang telah dilakukan WOM Finance yang tercakup dalam program Suistainable Development Goals. Dalam hal ini ada empat fokus yang dijalankan WOM Finance, yakni:
· Mengakhiri Kelaparan: dengan aktivitas yang telah dilakukan antara lain Bantuan Sembako Covid-19 secara nasional; Pembagian Lunch box di 4 kota; Penyembelihan Hewan Qurban (Idul Adha); serta donasi sayur hidroponik untuk janda dan dhuafa.
· Kesehatan yang baik dan kesejahteraan: dengan aktivitas pemasangan kaki/tangan palsu; donor darah, pemeriksaan kesehatan dan mata; aksi layanan sehat masyarakat (bekerja sama dengan Klinik Rorotan Jakarta Utara); pemeriksaan kesehatan penyakit tidak menular; pemeriksaan gigi dan mulut siswa SD; dan donasi alat pelindung diri (APD).
· Pendidikan Berkualitas: dengan aktivitas Milenial Road Safety Riding bersama siswa SMK; Penyuluhan KDRT di RTH Kalijodo; edukasi dan crafting dari sampah anorganik; Kunjungan ke KRI Bersama Pondok Belajar Tunas Bangsa; dan Conservation Talk.
· Ekosistem Daratan: berupa Perbaikan Ruang Terbuka Hijau; Pembuatan Rumah Hidroponik; Donasi 1.119 drum sampah secara serentak; dan penanaman bibit pohon.
Zacharia mengakui pandemi Covid-19 telah mengubah operasional perusahaan seiring penerapan New Normal. Dalam hal ini WOM Finance telah menerapkan beberapa kebijakan seperti digitalisasi dan sentralisasi, serta menerapkan Work from Home, Pengaturan Jam Kerja, dan Pembatasan Jumlah Karyawan.
Selain itu, sesuai arahan dan kebijakan pemerintah selama tahun 2020, WOM Finance juga melakukan relaksasi kredit (restrukturisasi kredit) yang diberikan kepada konsumen perusahaan yang terkena dampak Pandemi Covid-19. Begitupun dengan CSR yang dilakukan khusus pada masa pandemi, seperti pemberian lunch box, APD, alat-alat kesehatan lainnya.
Seperti disampaikan Zacharia, semua aktivitas tersebut dilakukan semata-semata merupakan komitmen perusahaan untuk memberikan CSR dengan fokus pada masyarakat sekitar, karyawan, dan juga konsumen WOM Finance.
Penulis: Fauzi