Jakarta, TopBusiness – PT Angkasa Pura II (Persero) adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang usaha pelayanan jasa kebandarudaraan dan pelayanan jasa terkait bandar udara di Indonesia. Sebagai sebuah perusahaan besar karena memiliki wilayah operasional 19 bandara, Angkasa Pura II dicatat mengembangkan CSR yang dapat menjadi sebuah inspirasi.
CSR tersebut adalah Tim Relawan AP2 Peduli, yang dinamakan Tim GuRiLa (Gunung Rimba Laut). Tim ini merupakan sebuah tim yang memiliki kegiatan menyalurkan bantuan kegiatan bencana secara langsung. Dalam sepak terjangnya, GuRiLa telah turun pada medan bencana mulai dari tahun 2020 bersamaan dengan ditunjuknya PT Angkasa Pura II oleh Kementerian BUMN, sebagai Koordinator Wilayah Satgas Bencana Nasional Provinsi Banten yang tergabung dengan 34 BUMN lainnya. Selain itu, Angkasa Pura II juga memiliki 11 Kampung Binaan Tematik yang tersebar di wilayah Provinsi Banten dan proses pengembangan di setiap wilayah Kantor Cabang Bandara.
Menurut Senior Manager of Planning & Distribution, Community Development Center PT Angkasa Pura II Agust Lubisk dalam Wawancara Penjurian TOP CSR Awards 2021, selain menghadirkan CSR yang menjadi inspirasi, perusahaan juga menghadirkan 4 program CSR unggulan. Keempat program CSR unggulan tersebut, adalah sebagai berikut.
- Pelatihan Pax and Baggage Handling
Program ini merupakan program pelatihan keahlian kebandarudaraan yang diperuntukan bagi siswa lulusan sekolah pada tingkat SMA sampai dengan memiliki lisensi agar siap bekerja di dunia Kebandarudaraan. Tujuannya program ini adalah untuk menyediakan tenaga ahli kebandarudaraan siap kerja.
2. Sekolah Rakyat
Program ini diperuntukan bagi warga sekitar Bandara yang kurang mampu untuk sekolah gratis. Perusahaan dicatat memberikan beasiswa sekolah gratis tingkat SMP kelas 7, 8 dan 9 bagi masyarakat kurang mampu guna dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih baik.
3. Bank Sampah dan Budidaya Maggot
Program ini merupakan program membangun Bank Sampah dan budidaya maggot di Kantor Cabang Bandara AP2. Tujuan program ini adalah untuk dapat menciptakan lingkungan yang bersih serta dapat meningkatkan perokonomian yang baru untuk masyarakat.
4. Program Kaki Palsu dan Kacamata Baca
Program ini merupakan program pemberian Kaki Palsu/Kacamata bekerjasama dengan Kick Andy Foundation. Tujuannya program ini adalah ikut menghadirkan hidup mandiri bagi penyandang disabilitas, serta memudahkan dalam proses belajar untuk anak sekolah.
Kembangkan Program Mendukung Strategi Bisnis Dan Inisiatif
Di tempat yang sama, Senior Manager of Performance & Monitoring, Community Development Center PT Angkasa Pura II Endah Nawangsari mengatakan jika perusahaan juga tidak lupa mengembangkan program CSR yang mendukung strategi bisnis.
Sesuai dengan 3 program utama dan faktor lain seperti pemulihan ekonomi nasional, Endah Nawangsari memperkirakan jumlah pergerakan penumpang di bandara-bandara PT Angkasa Pura II pada 2021 dapat mencapai 45 juta penumpang atau naik sekitar 27% dibandingkan dengan 2020 sebanyak 35,54 juta penumpang. Sementara, pergerakan pesawat tahun ini diproyeksikan 550.000 pergerakan atau naik sekitar 33%. Sesuai Leapfrogging The Corporation, PT Angkasa Pura II akan menciptakan bisnis baru serta membangun ekosistem yang lebih besar. Seiring dengan hal tersebut, Angkasa Pura II kemudian juga menyelaraskan program CSRnya dengan strategi bisnis yang ada tersebut.
“Setidaknya ada 5 program CSR yang selaras atau mendukung strategi bisnis yang ada”, kata Endah Nawangsari.
Kelima program CSR tersebut adalah sebagai berikut.
- Program Pencegahan Narkoba
Program ini merupakan Program Pencegahan dan Pengobatan Penyalahgunaan Narkoba (TPB 3).
2. Program Beasiswa
Program ini merupakan program berkelanjutan serta memberi manfaat langsung bagi penerima (Beasiswa wajib belajar 9 tahun)
3. Program UMKM
Program ini merupakan Program Pelatihan Pembinanaan Mitra Binaan UMKM (TPB 8).
4. Rumah BUMN
Program ini merupakan Program Pembuatan Rumah BUMN untuk menampung UMKM dalam hal Pelatihan, Pemasaran, Peningkatan Produk dan Kegiatan UMKM lainnya.
5. UMKM PADI
Program ini merupakan Program Pasar Digital UMKM (PADI) di mana para pelaku UMKM dapat terbantu dengan adanya platform baru dari ke Mentrian BUMN
Gelontorkan Rp 9,728 Miliar Untuk Perkuat Inisiatif CSR
Menurut Agust Lubisk kembali, guna mendukung bisnis di masa Kenormalan Baru, Angkasa Pura II dicatat telah menggelontorkan dana sebesar Rp9,728 Milyar, demi salah satunya memperkuat inisiatif CSR yang ada.
“Sesuai dengan Surat Edaran Kementerian BUMN Nomor : SE-5/MBU/DSI/03/2020 tentang Penaggulangan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Melalui Kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan tanggal 17 Maret 2020 sebagai tindak lanjut atas edaran tersebut maka sudah dilakukan pergeseran anggaran beberapa sektor Program Bina Lingkungan ke sektor bencana alam dan non alam sebesar Rp 9,728 miliar terdiri dari: Anggaran Program Bina Lingkungan sebesar Rp 7,080 miliar dan Anggaran Program Corporate Social Responsibility (CSR) sebesar Rp 2,648 miliar”, kata Agust Lubisk.
Adapun untuk Inisiatif CSR yang dilakukan misalnya adalah sebagai berikut.
Pertama. Program padat karya di mana masyarakat sekitar yang terkena PHK dapat dipekerjakan Kembali untuk dapat diperbantukan untuk melakukan pekerjaan harian. Kedua. Memberikan bantuan APD, Vitamin dan Obat – obatan bagi Rumah Sakit Rujukan Covid 19 dan Puskesmas di wilayah Banten. Ketiga. Memberikan bantuan Sembako bagi masyarakat yang terdampak Covid 19 di beberapa wilayah di Indonesia. Keempat. Memberikan stimulus pembayaran angsuran bagi mitra binaan perusahaan, tujuannya agar keberlangsungan usaha tetap terjaga dan berjalan.
Penulis: Irawan Joko Nugroho