Jakarta, TopBusiness – Chief Technology Officer Bank Amar Indonesia, Kevin Kane mengungkapkan, permintaan akan layanan perbankan digital terus meningkat seiring dengan jumlah pengguna aktif internet di tahun 2020 yang mencapai hingga 175,4 juta orang atau 64 persen dari total penduduk Indonesia.
Namun setelah pandemi Covid-19,60 persen konsumen mengalami penurunan pendapatan dan tabungan rumah tangga. Akibatnya, mereka pun mengurangi pengeluaran diskresioner dan mengadopsi kebiasaan baru secara dengan dukungan teknologi digital untuk menghemat.
Sesuai dengan lima pilar fundamental dalam Cetak Biru Transformasi Perbankan Digital OJK, Amar Bank percaya bahwa pilar-pilar tersebut akan berdampak pada bank digital ke depannya. Oleh karena itu, bank memperluas penggunaan teknologi artificial intelliegence (AI) untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan proses back-office.
“ Amar Bank memiliki tingkat Kematangan TI dengan tiga aspek, yaitu Cloud Computing, Artificial Intelligence & Machine Learning, dan juga Data Analytics. Kami telah memanfaatkan teknologi Big Data dan Data Analytics sejak tahun 2014, terbukti dengan keberhasilan Produk Tunaiku yang memanfaatkan Predictive Data Modeling,” kata Kevin dalam paparannya di Webinar bertema “Accelerating Digital Transformation in Business & Government” yang digelar Majalah ItWorks/Itworks.id, Kamis (16/12/2021). Kegiatan Webinar ini merupakan rangkaian dari penghargaan “TOP DIGITAL Awards 2021”.
Sesuai dengan filosofi Amar Bank, ‘Technology must impact lives, must improve lives’, serta misi ‘To provide banking to those who ‘need’ and not only to those who ‘want’’ dan visi ‘To bring smiles on 200 million faces by 2025’, Amar Bank membangun ekosistem digital dengan meluncurkan dua produk unggulannya. Tunaiku sebagai Pelopor Fintech Pertama di Indonesia dan Senyumku sebagai Bank Digital pertama yang diluncurkan di Cloud.
Hingga saat ini, Tunaiku telah menyalurkan pinjaman sebesar lebih dari Rp6,6 Triliun. Mendapatkan lebih dari 40 juta jumlah pengunjung Website dan Mobile Apps, lebih dari 6,7 juta jumlah Instalasi Mobile Apps, dan juga mendapatkan lebih dari 9juta aplikasi pinjaman yang diterima. Sementara di Senyumku, nasabah dapat menggunakan fitur menarik mulai dari Savings, Invest, dan Expenditure. “Bunga yang diberikan Senyumku cukup menarik, sebesar 5,5 persen per tahun untuk menabung di Celengan Senyumku dan 9 persen per tahun untuk investasi di Senyumku Deposito,” tutur Kevin.