Jakarta, TopBusiness – Menjadi Badan Usaha Milik Daerah Kota Malang, Perumda Air Minum Tugu Tirta berusaha maksimal menjadi perusahaan air minum yang sehat dan dibanggakan masyarakat Kota Malang dengan pelayanan prima yang berkelanjutan. Tak sampai di situ, Perumda Air Minum Tugu Tirta juga berkomitmen memberikan kontribusi penghasilan kepada pemerintah Kota Malang dari bagian laba usaha perusahaan dan berperan aktif dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan pelestarian lingkungan.
“Setoran PAD kami meningkat, tahun 2020 sejumlah Rp 20 miliar dan Rp 23 miliar pada tahun 2021,” ujar M Nor Muhlas, S.Pd, M.Si selaku Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang saat sesi penjurian TOP BUMD Awards 2023 secara online oleh Majalah Top Business, Rabu 15 Maret 2023.
Ya, kinerja Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang cukup membanggakan, pasalnya kinerja Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang meningkat tiap tahunnya dan melampaui target. “Tercatat, pencapaian target laba melampaui target yang direncanakan yaitu 108 %,” terang M Nor Muhlas.
Capaian laba Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang pada tahun 2020 tercatat Rp 38 milair dan Rp 44 miliar pada tahun 2021. Cakupan layanan Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang juga telah mencapai 100 % 5 tersebar di 5 Kecamatan, 57 Kelurahan dan 844.933 Jiwa dengan jumlah pelanggan 175.109 SR. Begitupun kualitas air yang mencapai 100 % ZAMP dan kontinuitas layanan selama 24 jam dengan Total Produksi 1.498,40 l/s.
“Dengan cakupan pelayanan Perumda Air Minum Tugu Tirta hampir 100% memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam akses air minum sehingga berdampak pada turunnya persentase penyakit yang ditimbulkan oleh pemanfaatan air yang tidak sehat,” jelas M Nor Muhlas.
Tak sampai disitu, Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang juga telah menyediakan 170 Titik Anjungan Air Siap Minum untuk masyarakat Kota Malang.
Segala capain tersebut tak lepas dari upaya peningkatan layanan yang dilakukan Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang. Berikut langkah-langkah Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang dalam meningkatkan layanan;
- Monitoring dan Evaluasi Distribusi Air Minum dengan Penerapan IoT yang terintegrasi sebagai Early Warning System
- Implementasi Smart Water Grid Manajemen terintegrasi upaya transformasi digital proses bisnis perusahaan
- Penyusunan dan implementasi Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM) untuk menjamin kualitas air minum
- Percepatan penanganan pengaduan dengan integrasi dengan capaian KPI (Key Performance Indicator)
- Pemanfaatan Sosial Media dalam mendukung transparansi informasi dan percepatan respon keluhan pelanggan.
Penulis: Miroji