Jakarta, TopBusiness – PT BPR Kota Pasuruan (Perseroda) merupakan Badan Usaha Milik Daerah Kota Pasuruan yang berorientasi pada pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah.
Dalam ajang TOP BUMD Awards 2024, Iswinarti Margiana selaku Direktur Utama PT BPR Kota Pasuruan menjelaskan, ia bersama tim terus berusaha meningkatkan kinerja. Untuk mewujudkan hal tersebut, banyak inovasi yang dilakukan BPR Kota Pasuruan.
“Alhadulillah berkat inovasi kinerja meningkat. Ini ditandai dengan meningkatnya setoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) kepada Pemkot Pasuruan selaku pemegang saham,” ujar Iswinarti saat presentasi penjurian TOP BUMD Awards 2024 secara online oleh Majalah Top Business, Rabu, 28 Februari 2024.
Tercatat dalam empat tahun terakhir, BPR Kota Pasuruan telah memberikan setoran PAD kepada Pemkot Pasuruan sebesar Rp 402.339.664 pada tahun 2020, Rp 762.781.304 tahun 2021, Rp 820.037.759 tahun 2022 dan Rp 879.848.697 untuk tahun 2023.
Selain berkontribusi dalam bentuk PAD, BPR Kota Pasuruan juga menyalurkan dana CSR dengan berpartisipasi dalam kegiatan kebersihan lingkungan pemukiman, membangun jamban sehat dan berpartisipasi dalam kegiatan pemerintahan.
Kinerja positif BPR Kota Pasuruan tak lepas dari tata kelola dan sejumlah inovasi yang telah dilakukan. BPR Kota Pasuruan menetapkan tugas dan tanggung jawab yang jelas bagi dewan komisaris dan dewan direksi serta seluruh jajaran dibawahnya yang selaras dengan visi, misi dan nilai-nilai perusahaan, sasaran usaha dan strategi BPR.
“Kami terus meningkatkan kualitas SDM melalui pelatihan yang tepat serta menyesuaikan strategi rekrutmen untuk mendapatkan SDM yang handal dan kompeten,” terang Iswinarti.
Iswinarti menambahkan, BPR Kota Pasuruan menerapkan sistem manajemen kinerja dengan melakukan penilaian kinerja setiap bulan dengan beberapa aspek penilaian termasuk kedisplinan, kehadiran, target penyelesaian tugas, target lending dan target funding sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing jabatan.
“Kami juga memanfaat teknologi informasi. TI memiliki banyak manfaat bagi bank dan nasabah, seperti meningkatkan efisiensi, kualitas dan keamanan layanan,” jelas Iswinarti.
Beberapa inovasi di bidang TI antara lain seperti; Aplikasi Software AKU CERIA (Aplikasi KepUasan CustomER setIA), Aplikasi HORE’IN AJA (PermoHOnan kREdit onlIN ) dan Aplikasi ULTA CAMER (kUmpuLan daTA Calon custoMER.
Editor: Nurdian