Jakarta, TopBusiness – PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) untuk pertama kali terpilih sebagai kandidat peraih penghargaan TOP CSR Awards yaitu kegiatan pembelajaran bersama dan penghargaan tahunan bidang CSR terbesar tingkat nasional.
Di ajang TOP CSR Awards 2024, Smartfren mengusung program CSR unggulan berupa pemberdayaan komunitas pelanggan yang dikemas dalam program Smartfren Community sebagai kunci keberlanjutan CSR dan sekaligus bagian dari brand loyalty program.
Dalam sesi Penjurian TOP CSR Awards 2024, Kamis, 14/03/2024, secara online, Dani Akhyar selaku Head of Comdev & CSR Smartfen membawakan materi presentasi bertajuk “Empowering Smartfren Community “100% untuk Indonesia” as a Strategic CSR Initiatives to Achieve Sustainable Business.”
“Kami telah menjalankan Program Smartfren Community selama 9 tahun, tepatnya mulai 15 Oktober 2015 hingga 2024. Saat ini, telah menjangkau 121 kota, 140k+ members, 130 Leaders, 109 Content Creators, dan 2455 UMKM Binaan,” ungkapnya.
TOP CSR Awards diselenggarakan majalah Top Business, yang diterbitkan oleh PT Madani Solusi Internasional (MSI Group), bekerja sama dengan sejumlah asosiasi yang berkecimpung di bidang CSR, Bisnis, GCG serta GRC, serta sejumlah perusahaan konsultan CSR dan Bisnis.
Tema TOP CSR Awards 2024 adalah “CSR & ESG Innovation Programs for Sustainable Business Growth” atau inovasi-inovasi program CSR yang mendukung tumbuhnya bisnis perusahaan secara berkelanjutan.
Tujuannya, pertama, memberikan apresiasi atau penghargaan tertinggi, kepada perusahaan-perusahaan, yang dinilai berhasil dalam menjalankan program CSR/TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan),yang efektif dan berkualitas. Kedua, sebagai sarana pembelajaran bersama untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pelaksanaan program CSR perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia.
Turut hadir dari Smartfren Telecom dalam sesi Penjurian yaitu: Linda Octaviana selaku Tim Comdev & CSR, Kadi Riyanto selaku Tim Comdev & CSR, dan Didik Jatmiko selaku Leader Nasional Smartfren Community Bojonegoro.
Bertindak selaku dewan juri: Melani K. Harriman, Puteri Maharini, Ermon Idrus, A.J. Boesra, dan Nurdiman Rizal. Mereka pun memberikan apresiasi positif terhadap program CSR Smartfren Community karena telah berdampak positif, antara lain membangun hubungan baik dengan Pemerintah Daerah, dan mencetak Leaders & UMKM Berprestasi.
Program CSR Unggulan
Kepada dewan juri, Dani Akhyar memaparkan Smartfren Community, “Program terintegrasi dalam Panca Garda telah kami jalankan secara bertahap sejak tahun 2015. Meliputi Stabilitas, Budaya, Persatuan, Pertumbuhan, dan Lingkungan untuk mendukung Literasi dan Ekonomi Kreatif Digital untuk generasi muda Indonesia mencapai potensi terbaiknya,” jelas Dani.
Teman Pintar (pendidikan) – Garda Stabilitas & Persatuan. Edukasi kepada generasi muda (students) untuk aktif belajar menjadi content creator di media digital dalam ajang content creator academy.
“Saat ini telah menjangkau 401 sekolah, 18.881 siswa hingga tahun 2022; 288 sekolah, 6974 siswa sepanjang Januari– Desember 2023. Contohnya di Cilegon dan Blora,” ungkapnya.
Teman UMKM – Garda Pertumbuhan. Mengembangkan semangat kolaborasi dan kewirausahaan
sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif di berbagai daerah dimana Smartfren Community berada.
“Sudah ada di 41 kota/ kabupaten di Indonesia. Ada 2455 UMKM yang kami bina saat ini, seperti di Kab. Tangerang dan Kepulauan Natuna,” tuturnya.
Teman Kreasi (industri kreatif) – Garda Pertumbuhan. Teman Kreasi, sebuah wadah kolaborasi untuk mendukung ekonomi kreatif mewujudkan ide–ide dan karya mereka. Ada 17 subsektor ekonomi kreatif yang disupport dalam program ini (https://kemenparekraf.go.id/layanan/Subsektor-Ekonomi-Kreatif).
“Selama ini, Smartfren telah menggandeng brand dan kreator lokal, yakni Show the Monster, Hana Madness, Pijak Bumi, Stayhoops, dan AHHAa Official Store untuk bersama-sama membuka berbagai peluang berkreasi dan berkontribusi untuk Indonesia yang lebih baik.”
Bunda Pintar (women empowerment) – Garda Pertumbuhan. Pemberdayaan perempuan dalam multi perannya sebagai ibu rumah tangga, istri, dan warga masyarakat aktif dalam berbagai profesinya. Peran Bunda di era digital sangat vital dalam mendukung terwujudnya keluarga cerdas. “Contohnya ada di Aceh, Pangandaran, dan Tangerang Selatan.”
Teman Bijak Bumi – Garda Lingkungan. Smartfren mendukung pemberdayaan bank sampah sebagai garda lingkungan terdepan dalam upaya mewujudkan net zero emission.
“Program #TukarSampahJadiKuota memberi opsi menarik bagi nasabah bank sampah untuk menukarkan sampah yang mereka setor ke bank sampah menjadi kuota internet cepat Smartfren. Contohnya ada di Serpong Utara, Pondok Benda, dan Bandung Barat,” tutup Dani.
Editor: Nurdian