Jakarta, TopBusiness — Sejalan dengan perkembangan grup usaha dan juga cakupan wilayah, MNC Asia Holding (MNC Group) juga konsisten mengembangkan program dan kegiatan CSR untuk memberikan kebermanfaatan yang lebih luas bagi masyarakat dan lingkungan di berbagai daerah. Perseroan melaksanakan program CSR yang mencakup lima pilar, yakni bidang pendidikan, kesehatan masyarakat, pemberdayaan ekonomi, keagamaan, dan sosial.
MNC Asia Holding (MNC Group), sebagai salah satu group bisnis nasional di Indonesia, memiliki komitmen kuat dalam menjalankan kegiatannya di setiap aspek operasional dan investasi, dengan mengintegrasikan praktik ramah lingkungan dan inklusivitas sosial dalam berbagai bidang bisnis.
Pada tahun 2023, PT MNC Asia Holding Tbk mengelola operasi bisnisnya melalui berbagai segmen usaha, antara lain pembiayaan dan efek, lembaga keuangan bank, iklan dan konten, TV berbayar & broadband, properti, Kawasan industr (KEK), serta pertambangan. Di tahun 2023, Perseroan berhasil mencatatkan pendapatan sebesar Rp15,66 triliun dan laba bersih sebesar Rp1,23 triliun.
Group Perusahaan mendukung kegiatan berkelanjutan di sektor Media & Entertainment dengan mengedepankan konten dan program yang mempromosikan kesadaran dan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga lingkungan dan praktik yang ramah lingkungan. MNC Group juga memperhatikan aspek sosial dengan memberikan bantuan kepada masyarakat melalui program-program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang dijalankan melalui wadah MNC Peduli yang sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs).
Kelima pilar program CSR yang dijalankan MNC Group juga diselaraskan dengan konsep Good Corporate Governance (GCG) yang dikembangkan Perseroan untuk keberlangsungan, sekaligus memaksimalkan ekosistem usaha di dalam group.
Berawal dari program MNC Peduli, kegiatan CSR MNC Group juga dikembangkan dengan program yang lebih beragam, termasuk cakupan wilayahnya. MNC Peduli adalah bentuk kepedulian sosial dari MNC Group untuk menujukkan kepekaan dan kepedulian sosial kepada masyarakat prasejahtera di Indonesia. Dalam program ini MNC Peduli banyak memberikan program bantuan, seperti santunan warga kurang mampu, bantuan sembako, bantuan korban bencara alam, dan lainnya.
Di bidang kemanusiaan dan Kesehatan, terutama mengantisipasi masih tingginya stunting di Indonesia, MNC Group bekerja sama dengan Kantor Wakil Presiden RI, maupun langsung ke lapangan bekerja sama dengan Kantor Walikota Jakarta Pusat, juga ikut berkontribusi dalam penanganan stunting ini.
Terkait Kesehatan, juga ada Klinik Pratama MNC Medical Center, yang tidak hanya untuk karyawan MNC Group, namun para tamu, serta masyarakat yang tinggal di sekitaran Kebon Sirih, Jakarta Pusat, juga bisa berobat kapan saja secara gratis, khususnya pada hari kerja.
Dengan komitmen yang kuat dalam menjalankan kegiatan berkelanjutan, MNC Group berharap dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan, masyarakat, dan perusahaan secara keseluruhan. Perusahaan meyakini bahwa keberlanjutan adalah salah satu nilai yang penting.
Perusahaan selalu mengacu pada kode etik yang mengatur tentang praktik bisnis yang bertanggung jawab dan etis. Kode etik ini mencakup kebijakan anti-korupsi, penghindaran konflik kepentingan, penghormatan terhadap hak asasi manusia, serta pemenuhan standar lingkungan yang berlaku. Dengan mengikuti nilai-nilai keberlanjutan dan menerapkan kode etik, Persahaan dapat membangun reputasi yang baik di mata masyarakat dan berkontribusi pada pembangunan yang berkelanjutan.
“Pengembangan program CSR dilakukan untuk mendukung keberlangsungan perusahaan sesuai dengan Misi MNC Group, yakni Memaksimalkan ekosistem di dalam group serta memberikan layanan yang berkualitas dan memiliki nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan, termasuk pemirsa, nasabah, pemegang saham dan karyawan,” ungkap Head of CSR MNC Group, Tengku Havid saat presentasi dan wawancara penjurian “TOP CSR Awards 2024” yang dilakukan secara daring pada Selasa (30/04/2024) oleh Majalah TopBusiness Jakarta.
Ditambahkan, dalam menjalankan komitmen terhadap keberlanjutan, Perusahaan fokus pada kegiatan tanggung jawab sosial yang disesuaikan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/TPB (Sustainable Development Goals/ SDGs) dan mendukung program Pemerintah di bidang sosial dan lingkungan hidup. SDGs terdiri dari 17 tujuan untuk mencapai pembangunan berkelanjutan pada tahun 2030, dan perusahaan berkomitmen untuk ikut serta terlibat dalam pencapaiannya.
“Perusahaan saat ini berkontribusi pada 14 TPB (SDGs) di mana aktivitas, bisnis, produk, dan jasa Perseroan maupun entitas anak Perusahaan, dapat dikorelasikan dengan dukungan dan kontribusi kami pada SDGs tersebut. Secara keseluruhan value kegiatan CSR selama tahun 2023 mencapai Rp 112, 4 miliar,” ujarnya.
Perusahaan juga memahami pentingnya tanggung jawab lingkungan dalam menciptakan keberlanjutan bisnis jangka panjang. Oleh karena itu, Perusahaan berupaya untuk mengurangi jejak lingkungan melalui penggunaan teknologi ramah lingkungan, efisiensi sumber daya, dan pengurangan emisi karbon.
“Dengan bangga kami sampaikan bahwa unit bisnis yang bergerak di bidang pertambangan batu bara, meraih penghargaan PROPER BIRU dari Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan Republik Indonesia untuk periode 2021-2022. Penghargaan ini merupakan pengakuan atas upaya perusahaan dalam mengimplementasikan praktik pengelolaan lingkungan yang baik dan memenuhi standar regulasi yang berlaku,” papar Tengku Havid.
Berkat terobosan dan berbagai inovasi program CSR yang dilakukan, tahun ini MNC Group kembali masuk nominasi untuk mengikuti ajang penilian untuk penghargaan “TOP CSR Awards 2024”. Presentasi dan wawancara penjurian disampaikan oleh Head of CSR MNC Group, Tengku Havid, bersama tim (Arisma Ranisa – Program Management Head MNC Group, dan Aldini Amanda – Partnership Head) Group. Dalam kesempatan ini Tim MNC Group menyampaikan materi presentasi berjudul “Peran MNC Group Untuk Sosial Kemasyarakatan”. Sedangkan juri penilai terdiri Kusuma Prabandari -CEO Dwika Consulting, Sentot Baskoro (Ahli Hukum Korporasi–ASABPINDO), As’ad Nugroho (Daya Integra Nusantara), Syaifudin Lembaga Kajian Nawacita (LKN) yang dimoderatori Ahmad Chury (MSI Group).
TOP CSR Awards merupakan kegiatan pembelajaran CSR sekaligus kegiatan penilaian untuk penghargaan CSR terbesar dan paling membanggakan di Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Majalah Top Business bekerja sama dengan beberapa lembaga terkemuka di Indonesia antara lain Perkumpulan Profesional Governansi Indonesia (PaGI), Asosiasi CSR Indonesia, Corebest (Lembaga Konsultan & Pelatihan CSR), Interdev (Lembaga Konsultan & Pelatihan CSR), LKN (Lembaga Kajian Nawacita), PAKEM (Yayasan Pengembangan Keuangan Mikro), SDP (PT Sinergi Daya Prima/ Konsultan GCG), SGL Management (Konsultan Manajemen dan Bisnis), Solusi Kinerja Bisnis (SKB), serta asosiasi wartawan CSR Indonesia.
Editor: Busthomi