Jakarta, TopBusiness – PT Pelindo Multi Terminal atau PMT adalah Subholding dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero). Mengusung tagline Indonesia’s Connectivity Champion, PMT berkomitmen untuk menjadi solusi utama layanan terminal multipurpose dan kargo di Indonesia untuk mendukung suksesnya program pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional.
PMT juga berkomitmen mendukung kebijakan pemerintah untuk memperkuat konektivitas nasional dan menciptakan biaya logistik nasional secara efisien dan efektif serta meningkatkan daya saing nasional.
Mengikuti penjurian TOP GRC Awards 2024 secara daring, Edi Priyanto selaku Direktur SDM PT Pelindo Multi Terminal menjelaskan, kinerja perusahaan yang cukup membanggakan. Capaian tersebut tak lepas dari upaya dan komitmen yang telah dilakukan salah satunya penerapan GRC.
“Kinerja keuangan mengalami peningkatan dimana pada tahun 2022 diperoleh laba rugi sebesar Rp 461,3 miliar dan pada 2023 meningkat menjadi Rp 618,6 miliar. Begitupun dengan pendapatan, pada tahun 2022 Rp 4,135 triliun meningkat Rp 5,128 triliun pada tahun 2023,” terang Edi Priyanto, Rabu,14 Agustus 2024.
PT Pelindo Multi Terminal memiliki sistem dan kelengkapan infrastrukur GRC serta didukung Teknologi Informasi yang memadai.
Berikut beberapa dukungan teknologi informasi dalam bisnis dan GRC yang dilakukan PT Pelindo Multi Terminal:
PTOS-M/ GEN-C
Sistem digunakan untuk mengelola layanan operasional non petikemas mulai dari pencatatan sampai dengan perencanaan, pengendalian, dan realisasi non petikemas (curah kering, curah cair, dll)
SPINNER
Sistem digunakan untuk mengelola layanan operasional petikemas mulai dari pencatatan sampai dengan perencanaan, pengendalian, dan realisasi kegiatan jasa petikemas
CENTRA
Sistem digunakan untuk melakukan proses pengelolaan master data yang terkait dengan human capital management serta pengelolaan struktur organisasi, data pekerja, karir pekerja, time management, presensi, CICO (Check In- Check Out) correction, payrolldan non payroll
INTEGRATED BILLING SYSTEM
Sistem digunakan sebagai portal layanan pengguna jasa untuk melakukan pengajuan permohonan jasa sampai dengan pelaksanaan pembayaran tagihan
CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT
sistem untuk pengelolaan layanan pelanggan, mulai dari keluhan pelanggan sampai dengan loyalty program sehingga dapat meningkatkan customer engagement
SINGLE PROCUREMENT SYSTEM (SECURE
system yang digunakan untuk pelaksanaan lelang/ tender secara online
PELINDO RISK MANAGEMENT
System manajemen risiko perusahaan mulai dari penyusunan risk profile/risk register, penyusunan mitigasi risiko, analisis & evaluasi risiko, sampai dengan pelaksanaan review, perbaikan, dan persetujuan risk register
AUDIT MANAGEMENT SYSTEM
Sistem untuk pelaksanaan audit
P-GOOD
Sistem yang digunakan untuk monitoring kepatuhan perusahaan baik dari peraturan internal maupun eksternal
WHISTLE BLOWING SYSTEM
Sistem yang digunakan untuk pelaporan pelanggaran