Jakarta, TopBusiness – PT Permata Graha Nusantara (PGN MAS) merupakan anak perusahaan Pertamina Gas Negara yang berfokus pada penyedia layanan pendukung pelaksanaan kegiatan usaha utama PGN yang tersebar luas di luar bisnis transmisI dan distribusi gas bumi. Terutama dalam pengelolaan aset yang dilakukan dalam bentuk facility management, asset management, entrepreneurial real estate, dan design & build.
Visi PGN MAS adalah menjadi pengembangan kawasan terpadu berbasis gas bumi yang ramah lingkungan dan pengelola building management dan facility management serta produk turunannya yang profesional.
Perusahaan memiliki dua anak usaha yaitu PT Kalimantan Jawa Gas (KJG) dan PT Permata Karya Jasa (Perkasa). Selain itu ada cucu perusahaan yang bergerak di jasa keamanan yaitu Prabu.
Per akhir 2023, total pekerja PGN MAS ada 140 orang yang terdiri atas 93 laki-laki dan 47 perempuan. “Sekitar 50 persen lebih adalah generasi milenial dengan usia 31-40 tahun dan 40 persen Gen Z dengan usia 20-30 tahun,” ujar Novita Hidayati, Division Head, Human Resources and Business Support PGN MAS dalam sesi presentasi penjurian TOP Human Capital Awards 2024 yang dolakukan secara daring, Senin (29/9/2024). Hadir pula Tim HR PGN MAS lainnya yaitu Fera Feriyal dan Lita Hilda.
Dari sisi kinerja bisnis, PGN MAS meraih pendapatan dan laba yang terus meningkat. Untuk pendapatan tahun 2023 tercatat Rp 452,7 miliar, naik 17 persen secara year on year dibandingkan 2022 yang sebesar Rp 373,77 miliar. Sedangkan laba atau profit perusahaan 2023 tercatat sebesar Rp 33,2 miliar, naik 10 persen dibandingkan laba tahun 2022 yang sebesar Rp 30,66 miliar.
Selain itu, kinerja layanan kepada pelanggan juga meningkat dilihat dari skor Customer Satisfaction Index yang naik dari 4,24 pada 2022 menjadi 4,3 pada 2023.
Keberhasilan PGN MAS mencatat kinerja positif tersebut tak terlepas dari pengelolaan human capital yang dilakukan perusahaan. Perusahaan memiliki talent development di mana setiap orang di PGN MAS memiliki kesempatan karier yang sama.
Dalam talent development ini, ada talent mapping dan promosi dengan kategori penilaian kinerja dan hasil asessment.
“Dari hasil mapping tersebut, kita akan mendapatkan kandidat-kandidat yang baik, kemudian kita akan melakukan pemilihan dan diberikan kesempatan untuk mengisi posisi-posisi strategis di perusahaan. Dan ada mekanisme fit and proper test, setelah penetapan kita akan selalu mengembangkan leadership dan development program kepada para pekerja,” tuturnya.
Sedangkan untuk mengatasi gap competency performance, PGN MAS menerapkan sistem 70:20:10 yaitu 70% Challenge Assignment, 20% Developmental Relationships Coaching, dan 10% Course work & Training. Program-program Learning Development yang bisa diikuti pekerja antara lain Leadership Development Program, Upskilling Toeic, Training and Certification, Sharing Session, Cross Sharing, Mentoring, Coaching, Project Assignment, Professional Membership, dan Benchmarking. Manajemen menargetkan setiap pekerja mengikuti 120 learning hour. “Semua harus dijalankan dengan baik, ada monitoring dan evaluation,” ucap Novita dalam presentasinya yang mengambil judul Empowering Opportunities In A Sustainable Way.
Setiap tahun, kata dia, pekerja yang mengikuti training dan sertifikasi selalu meningkat. Realisasi Learning Development tahun 2023 ada 100 training, meningkat dibandingkan 2022 sebanyak 90 training dan tahun 2021 dengan 68 training.
Demikian pula jumlah sertifikasi tahun 2023 sebanyak 21 sertifikasi, lebih banyak dibandingkan 2022 dengan 19 sertifikasi dan 10 sertifikasi pada 2021. Sedangkan realisasi Learning Hour pekerja pada 2023 mencapai 15.974 jam, meningkat dibandingkan 2022 selama 15.560 jam dan 11.280 jam pada 2021.
Novita juga memaparkan beberapa program yang dikembangkan oleh PGN MAS untuk meningkatkan engagement pekerja, meningkatkan produktivitas, serta mengembangkan budaya perusahaan. Program tersebut adalah Physical Wellness Program, Mental Wellness Program, Social Wellness Program, Financial Wellness Program, dan Employee Wellbeing Contribute.
Untuk Physical Wellness Program, misalnya adalah Annual MCU (Medical Check Up), Permata Fit Competition, Regular Sport Activity, Gym Facility, dan Doctor Consultation. Sedangkan Mental Wellness Program antara lain Stress Level Pulse Check, Counseling Program, Sharing Session Mental Health Topic, dan Career Assistant Program (CAP).
Untuk Social Wellness Program di antaranya Employee Outing, Family Day, Permata Games Day, AKHLAK Room (Games Room), Community /Professional Membership, serta Employee Anniversary.
Financial Wellness Program yakni House Ownership Program dan Wellfare Program. Sedangkan Employee Wellbeing Contribute antara lain Increasing of Employee Retention and Engagement, Increasing of employee productivity, dan Developing company culture.
Dengan berbagai program tersebut tak salah jika Indeks Employe Engagement Survey meningkat dari 4,01 pada 2022 menjadi 4,03 pada 2023. Sedangkan untuk turn over ratio juga cukup baik, di mana selama tiga tahun dari 2021 hingga 2023 hanya ada satu orang yang resign.
Dalam era digitalisasi, PGN MAS sudah memiliki HC Information System yaitu Employee Permata Information Service (EMPIRIS). Menu-menu yang terdapat dalam EMPIRIS di antaranya adalah Data pekerja, Proses pengajuan izin dan cuti, Prensensi harian online, Usulan kehadiran, Pengajuan training, Learning hour, Sistem manajemen kinerja individu, Proses payroll, serta Uji kompetensi AKHLAK.