Sebagai bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PGAS Solution juga aktif menjalankan program CSR atau Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSL) secara berkelanjutan. Program TJSL juga disesuikan dengan dinamika dan perkembangan yang tahun ini difokuskan pada empat pilar utama, yakni bidang pendidikan (edu solution), lingkungan (green solution), pemberdayaan masyarakat (eco solution), serta bantuan kemanusian (humanity solution).
Jakarta, TopBusiness – PT PGAS Solution (PGN Solution) merupakan anak usaha PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) yang fokus usahanya terutama menyediakan jasa EPC (Engineering, Procurement, Construction), O&M (Operation and Maintenance), Supply Chain, dan Engineering untuk infrastruktur pendistribusian gas bumi. Perusahaan ini menyediakan solusi terintegrasi di bidang energi dan infrastruktur, hingga membantu layanan ke pelanggan secara optimal.
Secara bisnis dan operasional, keberadaanya turut memainkan peran penting dalam PGN. Khususnya dalam hal pembangunan dan pemeliharaan jaringan infrastruktur gas bumi, pengembangan bisnis, khususnya bidang EPC dan O&M, hingga dukungan memperkuat ketahanan energi nasional. Untuk mendukung aktivitas usahanya, PGAS Solution memiliki lebih dari 20 kantor area yang tersebar di seluruh Indonesia. Wilayah pesebarannya meliputi Jakarta, DKI Jakarta, Bogor, Jawa Barat, Bandung, Jawa Barat, Demak, Jawa Tengah, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga Batam, Kepulau Riau.
Sebagaimana entitas bisnis pada umumnya, dari aktivitas dan operasionalnya juga memberikan dampak positif maupun negatif yang luas bagi lingkungan, alam, dan sosial kemasyarakatan lainnya. “Sebagai bentuk tanggung jawab atas dampak sosial, lingkungan dan lainnya, PGAS Solution melaksanakan berbagai inisiatif tanggung jawab sosial melalui kegiatan CSR berkelanjutan. Program-program ini juga merupakan wujud komitmen untuk terus memberikan nilai tambah bagi masyarakat dan lingkungan sekitar,” ungkap Muhammad Heri Siswanto selaku Head Departemen Communication, Relation, & CSR PGN Solution saat presentasi dan wawancara penjurian TOP CSR Awards 2025 secara online, Selasa (06/05/2025) yang diselenggarakan Majalah TopBusiness Jakarta.
Sebagai bagian dari Kementerian BUMN, PT PGAS Solution sejak tahun 2020 juga telah menjadikan Core Values AKHLAK sebagai Budaya Perusahaan. Dalam implementasi kegiatan Budaya di Perusahaan, PT PGAS Solution turut memasukan aspek CSR dalam project charter yang tercermin dalam HADIR (Harmony in Diversity/ Hidup Berdampingan Penuh Kedamaian).
“Seluruh kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) ini dikoordinasikan oleh Departemen Communication, Relation, & CSR PGN Solution. Melalui departemen ini, PGN Solution menjalin hubungan yang harmonis dengan pemangku kepentingan, serta memastikan bahwa setiap kontribusi yang diberikan memberikan dampak positif yang berkesinambungan,” ujarnya.
Dalam hal ini, perusahaan telah memiliki tata kelola program CSR, mulai dari perencanaan, implementasi atau pelaksanaan program, evaluasi, dan pelaporan program CSR yang telah dijalankan. Termasuk di antaranyaa mencakup penentuan tujuan, anggaran, keterlibatan stakeholder, pengukuran dampak, dan komunikasinya.
Pelaksanaan pogram CSR atau TJSL selain bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan, sekaligus juga untuk meningkatkan citra dan reputasi perusahaan. Komitmen program CSR juga untuk mendukung dan berkontribusi pada tujuan pembangunan berkelanjutan, meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar, dan lingkungan. “Dengan semangat kolaboratif, kami berkomitmen untuk terus bertumbuh bersama masyarakat, serta menjadi mitra terpercaya dalam menciptakan masa depan yang lebih baik,” tambahnya.
Beberapa program CSR yang menjadi unggulan di tahun 2025, mencakup 4 pilar. Di antaranya bidang pendidikan (edu solution), lingkungan (green solution), pemberdayaan masyarakat (eco solution), serta bantuan kemanusian (humanity solution). Di bidang pendidikan ada program, program mengajar, program beasiswa, dan program pelatihan. Dalam kaitan ini, PGN Solution senantiasa mendukung kegiatan Pertamina Mengajar (Pertamina Energi Negeri) sehingga dapat memberikan manfaat jangka panjang, baik bagi Perusahaan dan juga untuk dunia pendidikan.
Selain itu ada CSR terkait lingkungan, bantuan sarana dan prasarana umum, bakti untuk Lingkungan Hidup, serta ada program SELANGKAH (Selematkan Lingkungan Kelola Jelantah). Program “Selangkah” dilakukan dengan mengajak seluruh pekerja untuk peduli terhadap limbah minyak jelantah sebagai bagian dari upaya menjaga kelestarian lingkungan. Melalui pengelolaan yang tepat, limbah ini dapat diubah menjadi sumber daya bernilai guna yang memberikan manfaat bagi masyarakat dan menciptakan ekosistem yang lebih sehat dan berkelanjutan.
“Tujuan utamanya untuk menumbuhkan kesadaran dan partisipasi aktif pekerja dalam menjaga lingkungan melalui pengelolaan limbah minyak jelantah, serta menunjukkan komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan dan tanggung jawab sosial,” ujarnya.
Terkait infrastruktur, terutama untuk meningkatkan infrastruktur publik, khususnya di wilayah-wilayah yang membutuhkan perhatian dan perbaikan guna mendukung kenyamanan serta kemajuan kehidupan masyarakat.
Sedangkan untuk eco solution dilakujkan melalui pemberdayaan Masyarakat, terkait ekonomi. Di antaranya ada program Desa Berdikari, yakni pemberdayaan masyarkat desa. Adapun program CSR humanity solution, sifat lebih berupa bantuan, atau charity (kepoedulkian). Seperti bantuan bagi korban benacana banjir dan lainnya.
Ada juga ada program Qurban sebagai bagian dari komitmennya untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar, khususnya pada perayaan Hari Raya Idul Adha. Santunan bagi duafa dan yatim piyatu, framadhan Berbagi, banrtuan tempat ibadah dan lainnya. Program ini bertujuan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan sosial dan kemanusiaan, serta membantu mempererat hubungan perusahaan dengan masyarakat sekitar.
Kegiatan TOP CSR Awards ini merupakan kegiatan rating atau penilaian untuk penghargaan tahunan bidang CSR yang terbesar di Indonesia. Tujuannya, pertama, untuk memberikan apresiasi atau penghargaan tertinggi, kepada perusahaan-perusahaan, yang dinilai berhasil dalam menjalankan program CSR/ TJSL (Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan), yang efektif dan berkualitas. Kedua, sebagai sarana pembelajaran bersama, untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pelaksanaan program CSR perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia.
Kegiatan ini diselenggarakan oleh majalah Top Business, yang diterbitkan oleh PT Madani Solusi Internasional (atau MSI group), yang bekerjasama serta didukung oleh beberapa asosiasi CSR, Asosiasi Bisnis, dan GCG, serta beberapa perusahaan konsultan CSR dan Bisnis. Di antaranya seperti (PaGI) Perkumpulan Profesional Governansi Indonesia, Asosiasi GRC, LKN (Lembaga Kajian Nawacita), CoreBest, MB Consulting (Mitra Bhadra Consulting), ISVI (Institut Shared Value Indonesia), SKB (Solusi Kinerja Bisnis), SDP (Sinergi Daya Prima), Dwika Consulting, Melani K Harriman & Associate, serta beberapa Pakar dan Konsultan CSR.