3 No’s Principal ala Bank Victoria

Penulis Editor

Jakarta, TopBusiness – Mengikuti ajang penjurian TOP GRC Awards 2020, banyak keunggulan terkuak yang dimiliki PT Bank Victoria International Tbk atau biasa dikenal Bank Victoria.

Dalam paparannya, Ahmad Fajar selaku CEO Bank Victoria menjelaskan setidaknya ada lima keunggulan Bank Victoria, di antaranya; memiliki 86 jaringan kantor operasional yang berfokus pada penetrasi pasar, memiliki tingkat kecukupan modal yang kuat dan menerapkan good personal customer relation approach.

Bisa dibilang, segala keunggulan dan capaian Bank Victoria merupakan buah hasil atas prinsip-prinsip yang telah dijalankannya, yakni ‘3 No’s Principal’.

“Kita menerapkan 3 No’s Principal,” ujar Ahmad Fajar dalam sesi penjurian TOP GRC Awards 2020 yang dilakukan secara online oleh Majalah TopBusiness, Selasa (30/6/2020).

Menurut Ahmad Fajar, 3 No’s Principal tersebut yaitu; No Delay, No Error dan No Fraud. No Delay, banyak gangguan dalam bekerja akan menghambat penyelesaian pekerjaan, karena itu perlu dihindari hal-hal yang dapat mengganngu pekerjaan. No Error, sebagai manusia tentu tidak luput dari kesalahan, namun kesalahan tersebut lebih mengacu kepada kecerobohan bukan sebatas kemampuan. No Fraud, Fraud terjadi dikarenakan internal control yang lemah, pemahaman yang kurang terhadap peraturan serta monitoring yang lemah. Karena itu menurut Ahmad Fajar amat penting untuk menerapkan GRC secara proper.

“Tidak menerapkan GRC secara baik akibatkan kerugian dan fraud. Kami telah laksanakan prinsip-prinsip GRC,” pungkas Ahmad.

Ahmad menambahkan, Bank Victoria memiliki Komite Pemantauan dan Pelaksanaan GCG. Dalam penerapan GRC, Bank Victoria didukung oleh IT yang handal. Selain itu, penerapan GRC juga dilakukan dalam pengambilan keputusan dan implementasi aksi korporasi. Tak sampai disitu, penerapan GRC juga dilakukan guna mengatasi dampak Covid-19.

Atas kebehasilannya menerapkan prinsip GRC dan GCG, banyak apresiasi dan prestasi yang ditorehkan Bank Victoria. Seperti pada tahun 2019, Bank Victoria menyabet gelar sebagai “The Best Indonesia GCG Implementation 2019”

Semua itu didukung dengan adanya penerapan corporate culture yang menjadi prinsip utama karyawan Bank Victoria, yaitu nilai-nilai DAHSYAT (Discipline, Accountable, Honest, Solid, Sustain, Youthful Spirit, Accurate, Trust).

Penulis: Mi’roji

BACA JUGA

Tinggalkan komentar