Inilah Temuan Penting dari Penjurian TOP CSR Awards 2020

Penulis Nurdian Akhmad

Jakarta, TopBusiness – Ketua Dewan Juri TOP CSR Awards 2020 Mas Achmad Daniri mengungkapkan, ada beberapa temuan penting selama proses penilaian dan penjurian TOP CSR 2020.

Temuan itu adalah pertama, secara umum, sudah semakin banyak CSR perusahaan di Indonesia, yang sudah berupaya menyelaraskan dengan strategi bisnisnya.

Kedua, sebagian perusahaan, mulai menjalankan CSR dengan pendekatan Corporate Shared Value (CSV).  

“Temuan Ketiga, masih seperti tahun sebelumnya, dari hasil pengisian aplikasi SR Index, sektor tambang, energi, dan perbankan, memiliki SR Index tertinggi, dibanding sektor lainnya,” kata Daniri dalam keterangan pers TOP CSR Awards 2020 yang digelar hari ini, Rabu (29/7/2020) di Grand Ballroom, Hotel Sultan, Jakarta.

Keempat, dari aspek tata kelola CSR, mulai ada peningkatan. Namun, belum banyak perusahaan yang sudah melakukan due diligence terkait perumusan dampak yang ditimbulkan perusahaan dan pemetaan tanggung jawab sosialnya.

Kelima, sebagian perusahaan, mulai menyadari dan meng-klaim bahwa perusahaan telah memenuhi sebagian tanggung jawab sosialnya, yang dilakukan oleh divisi lain diluar unit CSR, terkait 7 core subject dalam ISO 26000 SR.

Keenam, sebagian perusahaan sudah melakukan perecanaan CSR dengan baik. Kebanyakan perusahaan sudah melakukan pengukuran indikator output (jumlah), tetapi belum banyak yang mengukur indikator dampaknya ke masyarakat.

Ketujuh, indikator manfaat untuk internal perusahaan juga banyak yang belum diukur, karena banyak perusahaan yang belum memiliki KPI dan indikator dampak ke internal perusahaan.

Kedelapan, perusahaan, masih perlu mengenali peluang dan tantangan lingkungan sosial, ekonomi di lingkungan bisnis perusahaan, kemudian diselaraskan dengan strategi bisnis untuk membangun keunggulan perusahaan.

Acara TOP CSR Awards 2020 mengangkat tema Peran Strategis CSR dalam Pemulihan Ekonomi Nasional di Era New Normal.

Kegiatan TOP CSR Awards 2020 diselenggarakan oleh majalah Top Business, yang diterbitkan oleh PT Madani Solusi Internasional (atau MSI group), dan bekerjasama serta didukung oleh beberapa asosiasi CSR, Bisnis dan GCG, seperti KNKG (Komite Nasional Kebijakan Governance), Lembaga Kajian Nawacita (LKN), serta perusahaan konsultan CSR dan Bisnis seperti MB Consulting (Mitra Bhadra Consulting), SKB (Solusi Kinerja Bisnis), ISVI (Indonesia Shared Value Institute), Yayasan Pakem (Pengembangan Keuangan Mikro), SDP (Sinergi Daya Prima), Dwika Consulting, dan lain sebagainya.

BACA JUGA

Tinggalkan komentar