Jakarta, TopBusiness – PT Kawasan Industri Makassar (Persero) merupakan perusahaan BUMN pengelola kawasan industri yang berkantor pusat di Makassar, Sulawesi Selatan. Dalam visinya, perusahaan yang dikenal dengan nama singkat KIMA ini bertekad menjadi perusahaan yang terbaik dalam pengelolaan Kawasan Industri di Kawasan Timur Indonesia.
Sejurus dengan visi yang diusungnya, KIMA memiliki sejumlah misi antara lain untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk kepuasan investor, menyediakan produk yang bermutu baik sesuai kebutuhan investor, menyediakan fasilitas kawasan industri yang berkualitas, mengelola Kawasan industri yang berwawasan lingkungan, meningkatkan potensi SDM untuk mencapai kinerja optimal, dan memberikan manfaat yang optimal kepada stakeholder.
Selain itu, secara umum KIMA juga menjalankan strategi bisnis seperti melakukan pengembangan kawasan KIMA, mempercepat progres bisnis baru, dan penawaran lahan kepada korporasi besar.
Tidak berbeda dengan perusahaan lainnya, sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawabnya terhadap masyarakat, KIMA juga menjalankan aktivitas CSR, mulai dari yang selaras dengan strategi bisnis maupun CSR khusus yang dilakukan pada masa pandemi Covid-19.
Muhammad Mahmud, Plt Direktur PT Kawasan Industri Makassar, menyebutkan beberapa program CSR perusahaan yang selaras dengan strategi bisnis, yaitu KIMA Green, Pembiayaan UMK, ATM Beras Gratis,dan Program Bina Lingkungan.
Dalam paparannya dijelaskan bahwa program KIMA GREEN merupakan program yang hadir sebagai tanggung jawab perusahaan dalam menangani pencemaran udara yang berasal dari pabrik/tenan kawasan. Di mana pelaksanaannya berupa penanaman pohon di area/sekitar Kawasan dan sekitar (Kota Makassar).
Sementara program pembiayaan UMK tak lain berupa pemberian bantuan modal kerja kepada mitra binaan/pelaku usaha UMK yang dapat digunakan untuk meningkatkan usaha.
Program selanjutnya ATM Beras Gratis, yaitu berupa pemberian kartu ATM kepada masyarakat yang nantinya digunakan untuk mengambil beras gratis sebanyak 5 liter setiap 2 minggu sekali di mesin ATM Beras. “Ini kita baru launching ATM beras gratis untuk kepedulian lingkungan di kawasan industri, karena masyarakat yang ada di sekitar merupakan pagar sosial yang harus diperhatikan,” ujar Mahmud pada sesi Presentasi dan Wawancara Penjurian Top CSR Awards 2021 yang diadakan Majalah Top Business secara virtual.
Sejatinya masih ada beberapa program CSR yang diinisasi oleh KIMA, seperti Program Bantuan Pendidikan untuk kategori pendidikan, Sumur Resapan untuk kategori lingkungan, Kima Peduli dari kategori sosial, dan lain-lain.
CSR di Masa Pandemi dan Kenormalan Baru
Ada sejumlah kebijakan dan strategi CSR yang dijalankan KIMA terkait dengan pandemi Covid-19 dan masa kenormalan baru. Sebut saja kebijakan relaksasi pembayaran angsuran untuk Mitra Binaan pada Program Pembiayaan UMK yang dijalankan KIMA. “Untuk mitra binaan, pandemi Covid-19 memang berdampak pada usaha-usaha mereka, di sini kita memberikan kelonggaran bagi mitra binaan yang tidak membayar atau yang terganggu bisnisnya,” kata Mahmud.
Lebih lanjut Mahmud mengungkap jenis usaha yang dijalankan oleh banyak mitra binaannya, antara lain penjahit, petani markisa dan pengolah atau pembuat sirop markisa. Tidak dipungkiri, pandemi Covid-19 pun berdampak pada usaha mereka. “Apalagi yang sifatnya oleh-oleh (cenderamata), karena bisnis atau kegiatan pariwisata turun drastis akibat pandemi Covid-19 ini akhirnya ada kebijaksanaan yang kita berikan untuk memberikan kelonggaran pada para mitra yang terganggu bisnisnya,” ujar Mahmud.
Selain itu, dari sisi kebijakan CSR di masa pandemi, KIMA juga fokus di bidang Kesehatan. Kebetulan, kata Mahmud, KIMA juga ditunjuk sebagai koordinator Satgas Bencana BUMN dan Satgas Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan. “Jadi, kita (telah) menghimpun bantuan-bantuan dari BUMN-BUMN yang ada di Sulawesi Selatan untuk kita membantu, terutama di bidang kesehatan, serta kegiatan ekonomi seperti kita membantu untuk penyediaan sembako gratis, dan ini kita kerja sama dengan Pemprov Sulawesi Selatan untuk penyaluran bantuan sembako ini,” tandasnya.
Adapun strategi CSR pada masa pandemi dan kenormalan baru, dalam hal ini KIMA melakukan baseline survey terhadap masyarakat terdampak pandemi, serta melakukan inventerisasi Need Assesment penerima program.
Secara garis besar berikut program CSR unggulan KIMA di masa pandemi dan kenormalan baru:
– Program CSR Penanganan Covid-19
– Program Bina Lingkungan (Bantuan Peningkatan Kesehatan)
– Program Bina Lingkungan (Bantuan Bencana Alam & Non Alam)
– Program Pembiayaan UMK
Penulis: Fauzi