Jakarta, TopBusiness – PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk merupakan perusahaan agribisnis terintegrasi dengan lini produksi pakan, pembibitan, peternakan, dan meat processing untuk ayam, ikan, serta sapi. Usaha tersebut juga didukung dengan unit usaha vaksin dan pengadaan sarana alat peternakan.
Dengan visi “Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama”, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk menjaga aspek keberlanjutan pada implementasi program CSR kepada masyarakat dan lingkungan. Satu diantara program teresebut adalah JAPFA for Kids.
“JAPFA for Kids adalah program sosial unggulan kami yang didedikasikan untuk kesejahteraan anak-anak pedesaan di Indonesia,” ujar Agus Mulyono selaku GM CSR PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk saat sesi penjurian TOP CSR Awards 2022 secara online oleh Majalah TopBusiness, Rabu (23/2/2022).
Agus menambahkan misi program investasi sosial JAPFA yaitu untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui penyediaan akses pendidikan dan ketrampilan hidup serta penyediaan protein hewani yang terjangkau. Tak sampai disitu, dalam melaksanakan Program Social Investment, PT Japfa Comfeed Indonesia TBK mendasarkan pada prinsip “PASTI”. “PASTI” merupakan singkatan dari Participatory Approach, Assist & inspire Community To Change, Sustainability, Transparent & Accountable, dan Integrate with business activities.
JAPFA for Kids merupakan inisiatif sosial terbesar dari perusahaan yang berfokus pada keseimbangan gizi dan kebersihan untuk anak-anak di pedesaan Indonesia usia 6 sampai 12 tahun.
“Sejak 2008 kami telah melangsungkan kampanye kesehatan dan program pendampingan yang diadaptasi secara lokal di lebih dari 630 sekolah dasar, menjangkau 21 provinsi di Indonesia. Kami juga melatih anak-anak untuk memperhatikan kesehatan gizi serta kebersihan sehari-harinya, untuk mewujudkan perubahan sosial yang “berkelanjutan” dalam masyarakat,” tutur Agus Mulyono.
Perubahan perilaku hidup terkait gizi, kesehatan, dan kebersihan pribadi sebaiknya dibangun sejak usia dini. Kami menciptakan program JAPFA for Kids untuk menjawab setiap permasalahan, yang berbeda namun saling terkait, dengan menggabungkan pendidikan dalam kelas dengan rangkaian kegiatan kampanye kesehatan untuk mewujudkan perubahan perilaku yang berkelanjutan.
“Namun demikian, program JAPFA for Kids harus beradaptasi di masa pandemi. Hal ini dilakukan agar misi JAPFA for Kids “Anak Indonesia Bersih dan Sehat” tetap berjalan,” kata Agus Mulyono.
Selain JAPFA for Kids, adapula program CSR lain PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk yaitu; Penanganan Bencana, Pendidikan, Pengembangan Masyarakat dan Lingkungan Hidup & K3.
Penulis: Mi’roji