Jakarta, TopBusiness – Didirikan pada 21014, PT Hassana Boga Sejahtera Tbk (kode saham: NAYZ) hanya dalam waktu tidak lebih dari satu dasar warsa berkembang cepat menjadi perusahaan produk makanan bayi terkemuka di Indonesia.
Tak hanya menjadi produsen makanan, perseroan bersama anak usaha tumbuh menjadi perusahaan ritel dan kemitraan yang memiliki lebih dari 1,000 outlet Nayz yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada 2022, PT Hassana Boga menjadi perusahaan publik yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).
“Visi kami adalah menjadi perusahaan Indonesia terbaik yang menginspirasi kehidupan manusia dengan produk makanan yang halal, sehat dan bergizi seimbang,” kata Harjanti Widianti, HR & GA Manager PT Hassana Boga Sejahtera Tbk dalam sesi presentasi dan wawancara penjurian TOP CSR Awards 2023 yang dilakukan secara daring, Rabu (12/4/2023).
Tim dari PT Hassana Boga yang juga ikut hadir dalam presentasi penjurian ini antara lain Anisa Dwi Chandra (Marketing Manager), Fitria Nurjanah (SPV HR & Corporate Secretary Officer) dan Shinta Seprianti (Spv Marketing). Mereka membawakan materi presentasi berjudul Delevering Goodness.
PT Hassana Boga Sejahtera memiliki dua anak usaha yakni PT Nutrisi Juara Asia didirikan pada 2018 sebagai perusahaan distribusi yang mengkhususkan aktivitas bisnisnya pada penjualan kecil dan pasar online. Selain itu, PT Mitra Kerja Nayz didirikan pada 2021 dengan fokus usaha memberdayakan ibu rumah tangga.
Kepada dewan juri, Harjanti memaparkan, melalui strategi pengembangan usaha ritel dengan skala nasional dan kemitraan dengan ribuan ibu rumah tangga, distribusi produk Hassana Boga menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia bahkan sampai ke lokasi terpencil.
“Dengan inovasi berkelanjutan, kami optimistis mampu membawa produk karya petani menembus pasar internasional. Dengan sumber dan proses berkualitas, kami ingin menjadi perusahaan Indonesia terbaik dalam mengolah produk hasil pertanian,” tuturnya.
Untuk mendukung strategi bisnis berkelanjutan ini, PT Hassana Boga melakukan berbagai program tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR baik yang terkait lingkungan, kesehatan, sosial yang juga mengacu pada standar ISO 26000 SR.
Ada beberapa program CSR unggulan PT Hassana Boga yakni, pertama adalah Nayz To Care. Dalam program bidang kesehatan ini, perusahaan menyediakan satu unit ambulance untuk bisa melayani kebutuhan masyarakat khususnya di bidang kesehatan. ” Melalui Nayz To Care diharapkan bisa menciptakan citra positif perusahaan di mata masyarakat,” kata Harjanti.
Program CSR unggulan lainnya di bidang lingkungan, yakni Nayz Planting. Dalam program ini, perusahaan berkomitmen untuk menjalankan program penanaman seribu pohon setiap tahunnya secara berkelanjutan. Ini sebagai bentuk konsistensi untuk selalu selaras dengan alam dan berkontribusi untuk kelestarian alam.
“Program Nayz Planting yang dibuat untuk platform online dan offline juga mengajak customer untuk ikut serta dalam menyumbangkan 1 pohon pada setiap pembelian produk Nayz. Sehingga customer dan juga followers social media bisa ikut menyebarkan kebaikan untuk ikut melestarikan lingkungan,” papar dia.
Program CSR ini diharapkan akan menambah kepercayaan customer terhadap PT Hassana Boga, sehingga menunjang strategi bisnis perusahaan.
Program CSR ungggulan lainnya adalah Nayz Donation yang merupakan CSR terkait volunteering. Perusahaan berkomitmen untuk selalu peduli terhadap segala bentuk bencana yang terjadi dan ikut serta berkontribusi dalam proses pengiriman bantuan baik moril dan materil. “Keterkaitan dengan bisnis berkelanjutan adalah untuk meningkatkan nilai-nilai sosial perusahaan di mata masyarakat,” ucap Harjanti.
Program CSR PT Hassana Boga sudah mengadopsi standar ISO 26000 SR baik yang terkait tata kelola organisasi, hak asasi manusia (HAM), lingkungan, isu konsumen dan commmunity involvement. Untuk tata kelola organisasi, PT Hassana Boga menjalankan etika bisnis manajemen SDM, jaminan sosial dan kesehatan bagi pegawai.
Untuk yang terkait HAM, perusahaan berharap karyawan dapat berkontribusi jangka panjang dengan pemenuhan kesejahteraan dan hak karyawan.
Terkait isu konsumen, perusahaan secara terbuka memberikan informasi dan edukasi terkait dengan produk yang diciptakan dan turut serta mendukung program pemerintah.
Sedangkan untuk commmunity involvement, PT Hassana Boga memberikan kesempatan dan pendampingan kepada masyarakat untuk terlibat dalam bentuk kegiatan bisnis yang memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.