Jakarta, TopBusiness – Menjadi kandidat penerima penghargaan Top Human Capital Awards 2023 (Top HC Awards 2023) PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (Sinarmas MSIG Life) telah melewati sesi penjurian yang digelar secara virtual beberapa waktu lalu.
Novelita Siregar, selaku Chief Human Capital, mengungkapkan bahwa perusahaan memiliki purpose “To maximize Employee Potentials, Productivity and Engagement through Empowerment and Development in supporting Sustainable Business Growth”.
“Purpose-nya ini didapat dari masukan-masukan dari para manajemen dan juga dari para karyawan untuk melihat bagaimana human capital membantu perusahaan untuk menjadi perusahaan yang sustainable dalam pengembangannya,” jelasnya.
Dimulai pada tahun 2020, Sinarmas MSIG Life, seperti dikatakan Novelita memiliki strategi bisnis yang dilandaskan pada GREAT 2025, yaitu Grow with Excellent Service as Trusted Partner. Dalam hal ini ada tiga pilar yang dikembangkan Sinarmas MSIG Life dari sisi bisnis, yakni
Strategi bisnis kami ini dimulai dari tahun 2020, di mana pada saat itu setelah perusahaan join venture dengan MSIG yang berkedudukan di Jepang kita ada strategi yang kita bilang landaskan pada GREAT 2025 yaitu Grow with Excellent Service as Trusted Partner. Ada tiga pilar di mana kita mengembangkan dari sisi bisnis, yakni.
1. Expand to Grow, yang berfokus pada pengembangan kanal distribusi yang ada;
2. Excellent Service and Support, yang berfokus pada pengembangan layanan dan bantuan kepada nasabah, pemangku kepentingan, dan karyawan;
3. Solid Financial and Governance, yang berfokus pada penerapan fungsi pengawasan finansial dan tata Kelola perusahaan.
Untuk menuju GREAT 2025, MSIG Life memiliki aspirasi perusahaan di tahun 2020 yang disebut ‘To Bring SMILE to People’s Life.
“SMILE di sini bukan senyum, tetapi smile merupakan satu prinsip operasional kami, singkatan dari Simpler, Mobile, Innovative, Agile, dan Empower. Dengan prinsip yang Smile inilah (kami) mulai masuk fase pertama Penguatan Fundamental Perusahaan,” ujarnya.
Memiliki peran untuk menguatkan fundamental dari sisi ketenagakerjaan, dalam hal ini human capital masuk dalam pilar kedua, yaitu Excellent Service & Supports. “Di mana kita harus membantu perusahaan ini dalam hal efisiensi dengan digitalisasi dan data analisis. Dan kita tahu pada tahun 2020 itu adalah awal cikal bakalnya Covid-19 yang menyebabkan kita sebagai perusahaan harus bertransformasi. Dan inilah tujuan kami untuk fase kedua, yaitu akselerasi di mana tahun 2023 kita sudah memulai akselerasi perusahaan kami untuk menjadi perusahaan yang GREAT di tahun 2025,” jelas Novelita.
Cikal bakal percepatan atau akselerasi dimaksud menjadi fokus perusahaan tahun 2023, yakni bagaimana MSIG Life meng-expand bisnis mereka di area pemasaran. Selain itu diungkap juga mengenai apa yang disebutnya sebagai transformasi bisnis, yang dalam hal ini disebut Novelita sebagai penguatan tata kelola.
“Karena bagaimanapun bisnis asuransi adalah bisnis yang fokus kepada kepercayaan konsumen dalam memberi mereka perlindungan, sehingga tata kelola itu menjadi penting,” kata Novelita..
“Untuk percepatannya di sini ada kalimat ‘Optimalisasi Sumber Daya Perusahaan’ dan salah satu sumber daya perusahaan itu adalah mengenai people-nya, di mana people development itu menjadi salah satu hal yang penting untuk kita jawab tantangan tahun 2022 dan persiapan kita untuk akselerasi tahun 2023 onward sampai GREAT 2025,” sambungnya.
Kendati percepatan untuk mencapai ke GREAT 2025 digenjot tahun 2023 ini, namun sejatinya percepatan telah dilakukan perusahaan pada tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, buah dari percepatan yang dilakukan MSIG Life berhasil meningkatkan produktivitas karyawan meski tengah dilanda pandemic Covid-19.
“Salah satu kesuksesan dari tahun 2021 ke 2022, di mana kami menjalankan percepatan kita bisa lihat produktivitas karyawan naik 10% dari tahun sebelumnya, walaupun dalam keadaan Covid-19, kami sebagai perusahaan bisa meningkatkan produktivitas perusahaan dan yang terakhir yang ingin kita paparkan adalah kita terjadi efisiensi, ada 15% penurunan secara expense ratio,” ungkap Novelita.
HCMS
Hal yang juga turut dipaparkan PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk pada kesempatan kali ini adalah terkait dengan Human Capital Management System (HCMS). Di sini sebutkan bahwa HCMS merupakan satu rangkaian dari strategi perusahaan.
Adapun untuk mendukung Human Capital Management System, secara garis besar perusahaan memiliki kami ada tiga pilar.
“Pilar pertama kita sebutnya sebagai Organization Effectiveness, di mana kita mau men-structure satu organisasi yang lean dan agile untuk fit for growth. Alasan menjadi agile ini adalah kelanjutan daripada Covid-19 di mana kita harus ada perubahaan dalam cara kita bekerja terutama dengan tadinya face to face menjadi Zoom,” ujar Novelita.
“Lalu, yang kedua adalah dengan adanya perubahaan daripada organisasi atau dengan cara kita bekerja, tentu kita harus build our leader and our employees. Di mana building leader and employee ini adalah salah satunya capabilities dengan digital workplace. Nah, digital workplace-nya ini saya paham bapak di sini dengan istilah reskill, upskill, redeploy itu hal yang sudah berjalan di dalam banyak organisasi, kita pun melakukan hal yang sama,” sambungnya.
Sementara untuk pilar ketiga adalah Healthy and Sustainable Working Environment. Seperti dikatakan Novelita, sebagaimana organisasi berkembang, karyawan pun demikian.
”Jadi, di sini adalah lebih fokus kepada bagaimana kita memotivasikan karyawan supaya mereka bekerja sehat, fair pay dalam mendapatkan hasil daripada mereka bekerja itu adil, dan produktif dalam performance-nya dalam kenerjanya. Dan semua ini mengakibatkan adanya satu employee experience yang membawa perusahaan kita dan sebagai perusahaan kita pasti untuk mengharapkan untuk adanya satu business result,” pungkasnya.
Penulis: Fauzi