Jakarta, TopBusiness – Demi mewujudkan visi perusahaan yaitu “Mewujudkan Perumda Air Minum Kota Makassar sebagai Perusahaan Terdepan di Indonesia yang Profesional, Sejahtera dan Berwawasan Global”, Perumda Air Minum Kota Makassar dicatat menerapkan Tata Kelola Perusahaan dengan mengedepankan 5 unsur. Kelima unsur tersebut adalah: Keterbukaan, Akuntabilitas, Pertanggungjawaban, Kemandirian, serta Kesetaraan dan Kewajaran.
Dengan mengedepankan 5 unsur tersebut, Perumda Air Minum Kota Makassar dicatat menorehkan banyak capaian kinerja secara positif secara YoY. Seperti misalnya adanya kenaikan Jumlah Langganan (SL), Cakupan Layanan, Tingkat NRW, Nilai Penjualan atau Pendapatan, dan Jumlah Pelanggan.
Pada tahun 2022, Jumlah Langganan (SL) dicatat sebesar 220.848 SL. Tahun 2023, naik menjadi 221.213 SL. Cakupan Layanan tahun 2022 sebesar 67,16% dan tahun 2023 menjadi sebesar 68,21%. Tingkat Non Revenue Water (NRW) atau Kehilangan Air tahun 2022 sebesar 49,57 % dan tahun 2023 turun menjadi 48,07%.
Selain itu Nilai Penjualan atau Pendapatan tahun 2022 dicatat sebesar Rp325.521.751.299,50 dan tahun 2023 naik menjadi Rp330.069.237.645,14. Di samping itu, Jumlah Pelanggan tahun 2022 dicatat sebesar 179.836 pelanggan, dan tahun 2023 naik menjadi 181.691 pelanggan.
Hal tersebut disampaikan Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Makassar Beni Iskandar, SH dalam Penjuarian TOP BUMD Awards 2024, Jumat (8/3/2024). Menurut Beni Iskandar kembali, dengan capaian kinerja tersebut, perusahaan juga dicatat mampu memberi banyak kontribusi BUMD. Seperti misalnya, pada tahun 2023 Perumda Air Minum Kota Makassar memiliki dana cadangan sebesar 11,8 M dan menyetor deviden ke Pemerintah Kota Makassar sebesar 9,277 M.
Di samping itu pada bencana kekeringan yang diakibatkan oleh El Nino pada tahun 2023 yang sangat berdampak dalam kehidupan masyarakat Kota Makassar, Perumda Air Minum Kota Makassar mengambil peranan penting dalam memastikan ketersediaan air bersih bagi seluruh masyarakat Kota Makassar.
Dengan bekerja sama dengan beberapa dinas terkait, PDAM Kota Makasar mendistribusikan air bersih ke masyarakat melalui pengantaran air mobil tangki ke wilayah-wilayah yang terdampak kekeringan di Kota Makassar.
Menurut Beni Iskandar, dengan menerapkan Tata Kelola Perusahaan yang mengedepankan 5 unsur pula, perusahaan juga berhasil melaksanakan banyak terobosan dan inovasi. Terobosan dan inovasi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.
Perumda Air Minum Kota Makassar dicatat berhasil melakukan open recruitment dan seleksi terbuka untuk semua calon tenaga honorer. Perusahaan juga melakukan assesment secara terus menerus untuk seluruh pejabat dalam lingkup Perumda Air Minum Kota Makassar.
Perusahaan pun dicatat berhasil menerapkan sistem GIS dalam pengelolaan data layanan langganan dan menghadirkan sistem pembayaran online via PPOB Bank dan digital platform e commerce. Perusahaan juga berhasil menggunakan aplikasi SIMPEG yang berintegrasi seperti sistem absensi karyawan.
Di samping itu, dengan menghadirkan pelayanan pelanggan yang edukatif, informatif dan komunikatif dengan memanfaatkan sarana media social, maka kini setiap pelanggan dapat dengan mudah mengakses semua informasi dan berkomunikasi dengan admin terkait pelayanan Perumda Air Minum pada akun media sosial resmi Perumda Air Minum Kota Makassar.
Terakhir, perusahaan membentuk tim Quick Respon sebagai respon terhadap pengaduan pelanggan dapat cepat dan tepat.
Bersamaan dengan pembentukan tim Quick Respon, perusahaan juga menghadirkan program kemudahan bagi masyarakat untuk menjadi pelanggan perusahaan. Program tersebut adalah Program Onde-Onde atau One Day Service untuk pemasangan langganan baru serta Program angsuran pembayaran sebanyak 4 kali untuk pemasangan baru.
“Dengan terobosan dan inovasi yang dihadirkan, berdasarkan hasil survey kepuasan pelanggan tahun 2023, kualitas pelayanan yang diberikan oleh Perumda Air Minum Kota Makassar dicatat berada pada angka 93,77% atau hasil skala indikator menunjukkan level Sangat Baik,” pungkas Beni Iskandar.
Editor: Busthomi